Bantuan

Preview Jelang PCE Inti AS

27/05/2022, 14:55


Ekonom memperkirakan PCE Inti AS telah meningkat 0,3% pada bulan April. Core CPI yang kuat di 0,6% membuka pintu untuk kejutan sisi atas. Waktu publikasi dapat memperburuk kenaikan dolar yang didorong oleh ketakutan.

Angka inflasi lain, kejutan terbalik lainnya? Ada peluang bagus bahwa pengukur inflasi pilihan Federal Reserve akan menunjukkan tekanan harga yang naik. Itu akan menjadi dolar positif.

Apa itu Core PCE dan mengapa itu penting?

Personal Consumption Expenditure (PCE) adalah alat pengukur inflasi yang memiliki metodologi berbeda dibandingkan dengan Indeks Harga Konsumen. Terlepas dari kenyataan bahwa PCE diterbitkan setelah laporan CPI, ini penting karena Fed mengatakan demikian – dan bank sentral memiliki pengaruh paling besar terhadap mata uang.

Lebih khusus lagi, Core PCE adalah turunan dari PCE yang hanya berisi item yang paling tidak stabil – item yang memiliki pengaruh lebih besar dari bank sentral. Ini tidak termasuk harga energi dan pangan, misalnya, yang lebih rentan terhadap pengaruh pasokan global. Sisanya dipengaruhi oleh pengeluaran, yang dapat dipengaruhi oleh Fed melalui suku bunga .

PCE Inti Tahunan telah meningkat, tetapi hanya di atas 5%, masih di bawah CPI Inti, yaitu di atas 6%.

PCE Inti secara historis lebih moderat daripada CPI Inti, dan publikasinya cenderung memenuhi harapan. Ekspektasi ekonom dibentuk oleh angka CPI Inti yang sudah diterbitkan.
Mengapa rilis ini bisa berdampak lebih besar

Dalam laporan mendatang untuk April 2022, angka tahunan pasti akan turun, karena April 2021 dikeluarkan dari perhitungan. Bulan itu tahun lalu melihat lonjakan harga terkait dengan pembukaan kembali dan cek stimulus. Itu sebabnya fokusnya adalah pada angka bulanan.

Kelangkaan kejutan berarti setiap perubahan kecil penting, dan para ekonom memproyeksikan 0,3%, membuat angka 0,2% atau 0,4% bermakna.

Analis mengharapkan 0,4% karena fakta bahwa CPI Inti mengejutkan naik dengan 0,6% kekalahan – dua kali lipat dari perkiraan 0,3%. Terlepas dari perbedaan metodologi, peningkatan setengah bulanan tampaknya terlalu sederhana – bahkan untuk angka PCE Inti yang lebih moderat.

Mengapa dolar bisa naik

Jadi bagaimana dolar akan merespons? Pertama, greenback memiliki ruang untuk naik sebagai respons terhadap kejutan sisi atas yang disebutkan di atas, karena itu akan menyiratkan laju kenaikan suku bunga yang lebih cepat. Pejabat Fed masih memiliki waktu minggu depan untuk menanggapi data tersebut, sebelum mereka memasuki "masa pemadaman". Angka yang optimis dapat memicu respons hawkish.

Kedua, rilis datang tepat sebelum akhir pekan, ketika pedagang cenderung mengambil risiko dari meja. Terburu-buru untuk reposisi akan mengintensifkan permintaan dolar.

Kesimpulan

Dolar telah digerogoti dalam beberapa hari terakhir, tetapi ketika datang ke data, greenback tampaknya berada dalam situasi win-win. Angka yang lebih baik berarti lebih banyak kenaikan suku bunga dan dolar yang lebih kuat, sementara angka yang lemah menyiratkan ekonomi global melemah – mengirim investor ke mata uang cadangan dunia yang aman.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik