Bantuan

Preview Jelang Keyakinan Konsumen CB

28/06/2022, 15:00

Keyakinan Konsumen diperkirakan turun ke 100,4 dari 106,4. Sentimen Konsumen Michigan di 50 pada bulan Juni, rekor terendah. Pengeluaran tetap stabil meskipun konsumen tidak puas. Federal Reserve akan melanjutkan program suku bunga terlepas dari kepercayaan konsumen.

Dengan Federal Reserve dan pasar mengawasi resesi, konsumen AS terus mengirimkan sinyal yang bertentangan. Keyakinan telah jatuh selama tahun lalu karena inflasi telah melonjak. Tapi meskipun harga tertinggi dalam empat dekade, rumah tangga AS terus belanja. Harapan bahwa Fed dapat merekayasa pendaratan ekonomi yang lunak akan tetap hidup sampai konsumen Amerika berguling.

Keyakinan Konsumen dari Conference Board diperkirakan turun ke 100,4 di bulan Juni dari 106,4 di bulan April.

Sentimen Konsumen Michigan

Sentimen Konsumen dalam Survei Michigan turun menjadi 50 bulan ini, skor terendah dalam sejarah 44 tahun jajak pendapat modern. Sikap konsumen mulai runtuh Agustus lalu ketika indeks secara tak terduga merosot ke 70,3 dari 81,2. Penurunan 38% dalam 11 bulan adalah salah satu yang paling tajam dalam catatan. Inflasi telah menjadi penyebab utama, yang secara konsisten disebutkan oleh konsumen sebagai penyebab kesulitan dan ketidakbahagiaan ekonomi mereka.

Pendapatan Pribadi, Penjualan Eceran, Pengeluaran Pribadi

Sementara konsumen Amerika telah menyuarakan peningkatan ketidakpuasan dengan keadaan ekonomi dan situasi ekonomi pribadi mereka sendiri, kebiasaan belanja mereka hampir tidak berubah. Ekonomi Amerika digerakkan oleh warganya, 70% dari PDB bersumber dari belanja konsumen.

Penjualan Ritel sangat kuat dalam enam bulan terakhir dibandingkan dengan setengah tahun sebelumnya. Dari Desember hingga Mei penjualan meningkat rata-rata 0,83% per bulan. Dari Juni hingga November, kenaikannya adalah 0,53%. Sebagian besar jika tidak semua kenaikan itu disebabkan oleh kenaikan harga, karena angka penjualan tidak dikoreksi untuk inflasi.

Dibandingkan dengan 2019, dengan rekor pengangguran rendah hampir sepanjang tahun, Penjualan Ritel rata-rata 0,45% setiap bulan.

Kontras dengan Pengeluaran Konsumsi Pribadi (Personal Consumption Expenditures/PCE) dan edisi nyata yang disesuaikan dengan inflasi adalah instruktif. Selama lima bulan hingga April, PCE rata-rata 0,82%. PCE nyata yang terkoreksi inflasi hanya 0,28%. Sebagian besar peningkatan bulanan PCE, tepatnya dua pertiga, disebabkan oleh inflasi dan bukan karena kenaikan volume pembelian. Konsumen mungkin tidak berhenti berbelanja tetapi keuntungan utama yang digambarkan dalam angka konsumsi sangat dipengaruhi oleh kenaikan harga. Peningkatan aktual pembelian yang dilihat oleh pengecer, importir, dan produsen jauh lebih kecil.

Kita dapat mengasumsikan perbedaan serupa antara angka Penjualan Eceran utama dan keuntungan nyata untuk bisnis.

Upah dan pendapatan telah kehilangan inflasi selama lebih dari satu tahun. Terakhir kali kenaikan bulanan dalam Average Hourly Earnings (AHE) lebih tinggi dari inflasi adalah pada Maret 2021. Disposable Income rata-rata naik bulanan 0,12% dari Desember hingga April. Pendapatan Disposable Riil, terkoreksi inflasi, sangat berbeda, turun 0,42% per bulan.

Kesimpulan: Pasar dan The Fed

Pasar menilai resesi di Amerika Serikat. Kombinasi inflasi yang mengikis daya beli konsumen dan kenaikan suku bunga Fed diperkirakan akan cukup memperlambat perekonomian untuk menghasilkan kontraksi pada kuartal kedua, memenuhi definisi standar untuk resesi. The Fed telah mengambil nada keras pada harga, memimpin pasar untuk menempatkan peluang kenaikan 75 basis poin pada pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) 27 Juli 92,7%.

Kartu liar adalah pengeluaran, dan indikator utama untuk konsumsi adalah sentimen konsumen. Meskipun pengeluaran telah bertahan relatif baik meskipun penurunan bersejarah dalam angka sentimen Michigan, semakin lama konsumen tertekan semakin besar kemungkinan dampaknya terhadap konsumsi.

Angka Keyakinan Konsumen Conference Board secara historis jauh lebih optimis daripada mitranya di Survei Michigan. Misalnya, pembacaan Juni untuk Michigan di 50 berada di bawah pembacaan terlemah untuk krisis keuangan 2008 dan 2009. Skor Conference Board Mei 106,4 dan perkiraan 100,4 untuk Juni jauh di atas pembacaan sub-30 dari bencana itu lebih dari satu dekade lalu.

Ekonomi AS diasumsikan dalam atau dekat dengan resesi. Keyakinan konsumen yang lebih lemah menunjukkan pada bulan Juni semakin besar kemungkinan bahwa penilaian pasar benar.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik