Bantuan

Forex Hari Ini, 29 Desember

29/12/2022, 16:25

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Kamis, 29 Desember:

Pergeseran negatif yang disaksikan dalam suasana risiko membantu Dolar AS bertahan terhadap rival utamanya di paruh kedua minggu ini. Indeks Dolar AS tetap dekat 104,50 setelah ditutup dua hari sebelumnya di wilayah positif dan perdagangan berjangka indeks saham AS beragam di awal sesi Eropa pada hari Kamis. Klaim Pengangguran Awal Mingguan dan data persediaan minyak mentah akan ditampilkan dalam kalender ekonomi AS . Pelaku pasar akan mencermati perkembangan seputar konflik Rusia-Ukraina dan situasi virus corona di China.

Rabu malam, indeks utama Wall Street berbelok ke selatan dan menderita kerugian besar, memberikan dorongan untuk safe-haven Dolar AS. Sementara China terus mendekati pembukaan kembali secara penuh, seluruh dunia ingin memperkenalkan pembatasan baru pada pelancong dari China. Efektif 5 Januari, AS akan mewajibkan semua pelancong dari China untuk memberikan tes COVID negatif sebelum memasuki negara tersebut. Demikian pula, Italia mengumumkan bahwa mereka akan memulai pengujian pada semua kedatangan dari China setelah setengah dari penumpang yang tiba di Milan dilaporkan mengidap COVID. Inggris diharapkan untuk menilai situasi dan memutuskan apakah penerbangan masuk nonstop dari China akan dibatasi.

Sementara itu, Walikota Kyiv Vitali Klitschko mengatakan pada hari Kamis bahwa terjadi ledakan di kota tersebut. Selain itu, serangan rudal Rusia dilaporkan menghantam kota Kharkiv di Ukraina timur. Selain itu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menegaskan kembali bahwa mereka tidak akan bernegosiasi dengan Ukraina berdasarkan 'formula perdamaian' Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy.

EUR/USD mundur menuju 1,0600 dan ditutup di wilayah negatif pada hari Rabu. Pasangan ini tetap relatif tenang sedikit di atas level tersebut Kamis pagi. Data Uang Beredar M3 dan Pinjaman Pribadi akan ditampilkan dalam kalender ekonomi Eropa.

GBP/USD mencatat penurunan moderat untuk hari kedua berturut-turut pada hari Rabu tetapi berhasil bertahan di atas 1,2000. Pada saat penulisan, pasangan ini sedikit lebih tinggi hari ini di sekitar 1,2020.

Setelah menutup tiga hari pertama dalam seminggu di wilayah positif, USD/JPY berbalik arah selama jam perdagangan Asia pada hari Kamis. Reuters melaporkan pada hari sebelumnya bahwa Bank of Japan melakukan pembelian obligasi yang tidak direncanakan untuk hari kedua berturut-turut. Pasangan ini terakhir terlihat turun 0,5% hari ini di 133,80.

Menyusul reli hari Selasa, harga Emas tetap bertahan di tengah penghindaran risiko pada hari Rabu. Namun demikian, XAU/USD tampaknya tidak mengalami kesulitan untuk tetap bertahan di atas $1.800 Kamis pagi dengan patokan imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun kehilangan hampir 1% di sekitar 8,5%.

Bitcoin kehilangan hampir 1% untuk hari kedua berturut-turut pada hari Rabu sebelum masuk ke fase konsolidasi mendekati $16.500 Kamis pagi. Ethereum turun hampir 2% dan ditutup di bawah $1.200 pada hari Rabu. ETH/USD terakhir terlihat diperdagangkan sedikit lebih tinggi pada hari ini di $1.190.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik