Bantuan

Analisa Teknikal XAU/USD 30 Agustus

30/08/2022, 13:45

Harga emas memudarkan momentum kenaikan karena dolar AS memantul dari terendah intraday. Sentimen pasar tetap terbagi di tengah imbal hasil yang lebih lemah, sedikit penawaran saham berjangka. Mereda kesengsaraan krisis energi di Eropa, kekhawatiran lebih banyak pertikaian AS-China mengganggu pedagang XAU/USD.

Harga emas (XAU/USD) menyegarkan terendah intraday di dekat $1.736 selama sesi Asia hari Selasa, setelah gagal memantul dari terendah satu bulan. Dengan demikian, harga logam mengambil petunjuk dari rebound terbaru dolar AS dari intraday low, serta membenarkan tantangan terhadap sentimen pasar yang berasal dari China dan front bank sentral.

Dapat dikatakan, Indeks Dolar AS (DXY) rebound dari terendah harian ke 108,81, setelah berbalik dari tertinggi baru 19 tahun pada hari sebelumnya. Dengan demikian, ukuran greenback versus enam mata uang utama tampaknya membenarkan kekhawatiran pasar akan suku bunga yang lebih tinggi meskipun perlambatan ekonomi yang akan datang, seperti yang sebelumnya ditunjukkan oleh Ketua Fed Jerome Powell.

Perlu dicatat bahwa obrolan tentang peningkatan perselisihan Tiongkok-Amerika atas Taiwan juga memberikan tekanan turun pada harga XAU/USD, terutama karena status Beijing sebagai salah satu pengguna komoditas terbesar di dunia. Berita itu juga memicu daya tarik safe-haven dolar AS. Baru-baru ini, Politico mengeluarkan berita yang menyarankan pemerintahan Biden untuk meminta kongres menyetujui penjualan senjata senilai $1,1 miliar ke Taiwan. Sebelumnya, pergerakan kapal AS di Selat Taiwan dan kunjungan diplomat Amerika ke Taipei menggoda China.

Atau, berita terbaru seputar kemampuan Zona Euro untuk memerangi krisis energi tampaknya menantang bear XAU/USD. "Uni Eropa akan memenuhi tujuan pengisian penyimpanan gasnya dua bulan lebih cepat dari target karena blok tersebut bersiap menghadapi musim dingin yang sulit dengan Rusia membatasi pasokan dan melonjaknya harga energi yang mengamuk di seluruh benua".

Pada hari Senin, pasar mengkonsolidasikan pergerakan terbaru di tengah kalender ringan dan Fedspeak yang beragam. Yang mengatakan, Indeks Bisnis Manufaktur Fed Dallas meningkat menjadi -12,9 versus -20,2 yang diharapkan dan -22,6 sebelumnya. Perlu dicatat bahwa Presiden Bank Federal Reserve Minneapolis Neel Kashkari menyatakan bahwa orang sekarang memahami betapa seriusnya kita untuk mengembalikan inflasi ke 2%.

Di tengah permainan ini, imbal hasil Treasury 10-tahun AS mundur ke 3,10% setelah tren naik dua hari untuk menyegarkan tertinggi bulanan. Dengan ini, S&P 500 Futures memangkas kenaikan intraday.

Selanjutnya, menekankan Keyakinan Konsumen AS untuk Agustus dan komentar dari pembicara Fed sebagai katalis utama untuk melihat dorongan baru. Namun, perhatian utama akan diberikan pada laporan pekerjaan AS hari Jumat karena Ketua Fed Powell mengangkat kekhawatiran atas perlambatan ekonomi dan tekanan pasar kerja dalam pidatonya di Jackson Hole.

Analisis teknikal

XAUUSD.sH4-3008.png

Harga emas turun dari garis support sebelumnya dari 21 Juli, didukung oleh turunnya RSI (14).

Kelemahan terbaru dalam harga, bagaimanapun, membutuhkan validasi dari level retracement Fibonacci 61,8% dari kenaikan Juli-Agustus, dekat $1.729, untuk meyakinkan penjual XAU/USD.

Setelah itu, $1.710 dan level terendah tahunan yang ditandai pada bulan lalu di sekitar $1.680 akan menjadi fokus.

Atau, pembersihan ke atas dari rintangan langsung $1.740 dapat dengan cepat mendorong harga emas menuju garis resistensi mingguan di dekat $1.761.

Jika harga XAU/USD tetap menguat melewati $1.761, level SMA 100 di dekat $1.766 mungkin bertindak sebagai pertahanan terakhir untuk bear sebelum mengarahkan harga menuju puncak bulanan $1.807.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik