Bantuan

Preview Jelang Rilis Data Inflasi Zona Euro

30/11/2022, 14:50

Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde mengatakan kepada anggota parlemen Eropa pada hari Senin bahwa inflasi zona euro belum mencapai puncaknya setelah mencapai rekor tertinggi pada bulan Oktober. Akankah cetakan inflasi Zona Euro Awal mengkonfirmasi puncak inflasi?

Indeks Harmonisasi Harga Konsumen (HICP) zona euro yang disetahunkan secara tak terduga meningkat menjadi dua digit 10,6% pada bulan Oktober, mencatat tingkat kenaikan tercepat sejak pencatatan dimulai pada tahun 1997. Konsensus pasar adalah untuk cetak yang lebih lembut sebesar 9,8%. Sementara itu, HICP inti naik menjadi 5,0% YoY di bulan Oktober jika dibandingkan dengan ekspektasi 4,9% dan 4,8% yang tercatat di bulan September.
Inflasi turun dari rekor tertinggi

HICP tahunan utama diperkirakan melambat menjadi 10,4% pada bulan November, dengan angka inti terlihat stabil di 5,0%. Secara bulanan, HICP di benua lama diperkirakan akan tetap tidak berubah di 1,5% pada periode yang dilaporkan sementara HICP inti juga terlihat datar di 0,6%. Data dijadwalkan untuk rilis pada hari Rabu pukul 1000 GMT.

Angka-angka HICP blok tersebut sangat penting, karena data tersebut membantu investor menilai prospek pengetatan kebijakan moneter Bank Sentral Eropa (ECB) . Perhatikan bahwa target inflasi ECB adalah 2%.

Menurut Eurostat, lonjakan harga energi sebesar 41,9% dikombinasikan dengan kenaikan harga pangan sebesar 13% menyebabkan inflasi mencapai rekor tertinggi di bulan Oktober. Meskipun harga gas alam dan listrik telah menurun selama beberapa bulan terakhir, efek keterlambatan pada tagihan rumah tangga menunjukkan bahwa inflasi harga energi hanya akan berkurang secara bertahap.

Sementara itu, para ekonom memperkirakan pelemahan inflasi di empat ekonomi terbesar Eropa, dengan Preliminary HICP terdepan di Jerman terlihat menurun menjadi 11,3% pada November vs 11,6% yang tercatat sebelumnya. Faktor-faktor campuran ini gagal memberikan petunjuk tentang puncak inflasi.

Komentar Lagarde pada hari Senin menunjukkan bahwa dia melihat jalan panjang sebelum mencapai puncak inflasi. “Apakah itu makanan dan komoditas secara umum, atau apakah itu energi, kita tidak melihat komponen atau arah yang membuat saya percaya bahwa kita telah mencapai inflasi puncak dan akan menurun dalam waktu singkat,” dia dikatakan.

Oleh karena itu, ECB kemungkinan akan melanjutkan perjuangannya untuk menurunkan inflasi dengan menaikkan suku bunga. Pasar menilai kenaikan suku bunga 50 basis poin (bps) pada bulan Desember, karena ECB tetap waspada bahwa pertumbuhan harga semakin mengakar dan ekonomi zona euro hampir memasuki resesi.

Berdagang EUR/USD dengan inflasi zona euro

Pada saat penulisan, EUR/USD berjuang ingin kembali memperpanjang pemulihan di atas ambang batas 1,0300 di tengah dampak Zero-Covid China dan resesi yang menjulang di Eropa. Fokusnya adalah menjelang data inflasi hari Rabu dari blok tersebut.

Pasangan EUR/USD membutuhkan kejutan positif dalam headline dan angka HICP inti untuk merebut kembali level 1,0500. Tingkat inflasi tertinggi lainnya dapat menghidupkan kembali harapan untuk kenaikan suku bunga 75 bps bulan depan.

Euro dapat turun kembali ke 1,0200 karena data inflasi yang lebih lemah dari perkiraan, karena dapat meningkatkan harapan untuk puncak inflasi, sehingga membebani prospek pengetatan kebijakan ECB yang hawkish.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik