Bantuan

Emas Bertahan Di Atas $1800

30/12/2022, 14:45

Harga emas (XAU/USD) mereplikasi kondisi pasar yang lesu selama Jumat pagi, meskipun mencetak kenaikan tipis di sekitar tertinggi intraday di dekat $1.818 pada saat penulisan. Alasannya dapat dikaitkan dengan suasana liburan akhir tahun dan kalender yang ringan , serta berita utama beragam seputar katalis risiko utama baru-baru ini.

Sementara menggambarkan suasana hati, imbal hasil Treasury 10-tahun AS memudarkan pullback hari sebelumnya dari tertinggi enam minggu dan berputar ke 3,8% sedangkan S&P 500 Futures mencetak penurunan ringan di sekitar 3.865 meskipun penutupan positif Wall Street.

Berbicara tentang katalis utama, pesimisme seputar kondisi Covid China dan pergumulan Ukraina-Rusia yang bergabung dengan resesi global membebani sentimen. Alternatifnya, harapan puncak jumlah virus di China dan penemuan pil anti-Covid bergabung dengan obrolan tentang tidak ada perlambatan ekonomi di AS dan Eropa untuk menjaga pasar tetap positif. Juga kemungkinan untuk mempertahankan optimisme adalah tagihan pendanaan pemerintah AS senilai $1,7 triliun untuk tahun fiskal 2023.

Sebagai alternatif, firma data kesehatan yang berbasis di Inggris Airfinity mengatakan pada hari Kamis bahwa sekitar 9.000 orang di China mungkin meninggal setiap hari akibat COVID-19, dua kali lipat dari jumlah yang diperkirakan pada hari sebelumnya dan lebih tinggi dari angka resmi yang disampaikan oleh China. Perlu dicatat bahwa tujuh negara termasuk AS, Inggris, dan Jepang telah mengumumkan persyaratan tes Covid untuk pelancong dari China. Di tempat lain, RUU pendanaan AS menyarankan lebih banyak dukungan senjata untuk Ukraina juga membebani sentimen.

Harus diperhatikan bahwa cetakan campuran dari data AS tingkat kedua memungkinkan penurunan Dolar AS untuk mempertahankan kendali di tengah pasar yang tidak aktif.

Selanjutnya, pertemuan virtual antara Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin akan menjadi penting untuk diperhatikan oleh para pedagang Emas. Di baris yang sama, Indeks Manajer Pembelian Chicago AS untuk bulan Desember, diharapkan 41,2 versus 37,2 sebelumnya, akan menghiasi kalender. Setelah itu, pembacaan resmi IMP Manufaktur dan Non-Manufaktur China pada hari Sabtu untuk bulan ini harus diwaspadai untuk satu kesempatan terakhir di pasar pada tahun 2022.

Untuk tahun 2023, harapan suku bunga yang mudah dan kemungkinan pemulihan ekonomi dapat membuat pembeli Emas tetap di meja meskipun ada tantangan terbaru terhadap sentimen.

Analisis teknis harga emas

Harga emas menggoda garis resistance tiga hari karena bull mengambil nafas di tengah hampir overbought RSI (14) dan sinyal MACD yang lamban.

Namun, posisi terendah yang lebih tinggi pada harga mendapatkan dukungan dari bagian bawah RSI yang lebih tinggi dan karenanya momentum kenaikan terbaru tampak valid. Yang juga membuat pembeli Emas berharap adalah keberhasilan perdagangan logam di atas 200-HMA.

Akibatnya, logam kuning siap untuk melewati rintangan garis tren langsung, di sekitar $1.818, sambil menargetkan beberapa rintangan di dekat $1.825 dan puncak bulanan di $1.834. Perlu dicatat bahwa keberhasilan perdagangan bullion di atas $1.834 tidak akan ragu untuk menantang puncak bulan Juni di dekat $1.880.

Di sisi lain, pergerakan pullback memerlukan validasi dari support 200-HMA di $1.805, serta ambang $1.800, untuk meyakinkan penjual Emas.

Meski begitu, garis support naik dua minggu, sekitar $1.795 pada saat berita ini dimuat, dapat menantang bear XAU/USD .

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik