Bantuan

Forex Hari Ini, 1 April

01/04/2022, 17:15

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Jumat, 1 April:

Pergeseran negatif yang disaksikan dalam sentimen risiko di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik membantu greenback mengumpulkan kekuatan terhadap para pesaingnya pada hari Kamis. Indeks Dolar AS terus mendorong lebih tinggi pada Jumat pagi karena fokus bergeser ke data inflasi dari kawasan euro dan laporan pekerjaan AS Maret. Kalender ekonomi AS juga akan menampilkan survei IMP Manufaktur ISM. Pelaku pasar akan terus mencermati perkembangan seputar konflik Rusia-Ukraina menjelang akhir pekan.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan pada hari Kamis bahwa pembeli gas Rusia "harus membuka rekening rubel di bank Rusia" untuk melakukan pembelian mulai 1 April. konsekuensi berikutnya," memperingatkan Putin dalam pidato yang disiarkan televisi. Menyusul perkembangan ini, kementerian luar negeri Rusia mengatakan bahwa mereka akan menanggapi jika Uni Eropa menjatuhkan sanksi

Sementara itu, AS mengumumkan Kamis malam bahwa mereka telah memutuskan untuk menjatuhkan sanksi tambahan yang menargetkan sektor teknologi Rusia. Tiga indeks utama Wall Street kehilangan lebih dari 1% pada hari Kamis tetapi indeks saham berjangka AS diperdagangkan datar pada awal Jumat.

Harga minyak mentah turun tajam pada hari Kamis menyusul pertemuan OPEC dan keputusan AS untuk melepaskan cadangan minyak strategis untuk mengurangi tekanan pada harga energi. Di kemudian hari, Badan Energi Internasional (IEA) akan mengadakan pertemuan darurat untuk membahas kemungkinan pelepasan cadangan strategisnya. West Texas Intermediate (WTI), yang turun hampir 6% pada hari Kamis, terakhir terlihat turun hampir 2% hari ini di $99,20.

EUR/USD kehilangan lebih dari 100 pips pada hari Kamis dan tetap berada di belakang di dekat 1,1050 Jumat pagi. Inflasi di kawasan euro, yang diukur dengan Indeks Harmonisasi Harga Konsumen (HICP) diperkirakan akan naik menjadi 6,6% secara tahunan di bulan Maret dari 5,9% di bulan Februari.

GBP/USD ditutup hampir tidak berubah pada hari Kamis dan terus bergerak menyamping di atas 1,3100 di pagi Eropa.

Emas naik menuju $1.950 pada hari Kamis tetapi menghapus sebagian besar kenaikan hariannya sebelum ditutup di bawah $1.940. XAU/USD tetap di bawah tekanan bearish sederhana pada hari Jumat dengan benchmark imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun melakukan rebound setelah penurunan tiga hari.

USD/JPY membalikkan arahnya dan naik menuju 122,50 pada hari Jumat setelah menutup tiga hari sebelumnya jauh di wilayah negatif.

Bitcoin turun tajam di tengah penghindaran risiko pada hari Kamis dan memperpanjang penurunannya pada Jumat pagi. BTC/USD terakhir terlihat kehilangan lebih dari 1% hari ini di bawah $45.000. Ethereum kehilangan 3% pada hari Kamis dan terus melemah menuju $3.200.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik