Bantuan

Preview Jelang Rilis NFP

01/04/2022, 18:10

Tiga kejutan positif berturut-turut dalam laporan pekerjaan jarang terjadi. Perang Rusia-Ukraina dan inflasi mungkin telah menyebabkan pengusaha menahan diri. Rilis awal berarti investor akan bergantung pada angka optimis ADP, yang mungkin salah.

Tiga kali pesona? Mungkin tidak. Setelah angka Nonfarm Payrolls mengejutkan naik di bulan Januari dan Februari, laporan untuk bulan Maret bisa jauh dari perkiraan. Itu akan menjatuhkan dolar, tetapi mungkin hanya sementara .

Ekonom memperkirakan peningkatan 490.000 posisi di bulan Maret, turun dari 678.000 yang mengesankan yang tercatat di Februari, tetapi serupa dengan 481.000 di Januari. Perolehan pekerjaan yang substansial seperti itu jauh melampaui tingkat pra-pandemi sekitar 200.000 dan mencerminkan pemulihan pembukaan kembali.

Setelah kenaikan yang luar biasa seperti itu, masuk akal untuk mengharapkan perlambatan, tetapi apakah konsensus telah turun cukup jauh? Ada alasan tambahan untuk memperkirakan perlambatan.

1) Tiga kejutan positif berturut-turut jarang terjadi
Secara statistik, peningkatan di luar ekspektasi akan jarang terjadi. Sementara Nonfarm Payrolls mengalahkan ekspektasi empat kali berturut-turut pada musim semi 2020, pandemi COVID-19 pecah, dan ketidakpastian memuncak.

Dengan mempertimbangkan virus, terakhir kali Amerika menyaksikan trifecta laporan pekerjaan yang menang adalah pada kuartal terakhir tahun 2015. Itu lebih dari enam tahun yang lalu. Oleh karena itu, ada ruang untuk kejutan penurunan kali ini.

2) Perang mungkin menyebabkan kekhawatiran
Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari, dan sementara Amerika tetap jauh dari permusuhan, ketidakpastian kemungkinan telah mendorong pengusaha untuk berpikir dua kali tentang perekrutan baru. Itu terutama benar di posisi yang sudah sulit untuk diisi. Ini mungkin menyebabkan beberapa majikan menyerah.

Selain itu, biaya yang lebih tinggi, sebagai akibat dari tekanan inflasi yang terlihat sebelum perang – dan agak memperburuknya – mungkin juga berkontribusi pada keragu-raguan. Apakah itu mungkin fenomena yang luas? Mungkin tidak, tetapi cukup untuk memicu kejutan penurunan.

3) Hanya ADP yang bisa diandalkan
Laporan pekerjaan ini dirilis pada 1 April – tanggal sedini mungkin, dan itu menyiratkan ada beberapa indikator utama yang akan datang. Baik Indeks Manajer Pembelian Manufaktur ISM dan Layanan dijadwalkan setelah NFP.

Satu-satunya statistik ekonomi adalah laporan pekerjaan sektor swasta ADP, yang menunjukkan peningkatan kuat sebesar 455.000 posisi. Itu dapat membantu mendorong harapan lebih tinggi. Namun, sejak pandemi, angka-angka perusahaan penggajian telah tersebar di mana-mana, seringkali tidak terkait dengan statistik resmi. Harapan yang tinggi dapat menyebabkan kekecewaan yang lebih besar.

Secara keseluruhan, ada ruang untuk kejutan negatif.

Reaksi dolar

Titik data yang suram akan mengirim dolar turun jika teori di atas benar. Investor bereaksi terlebih dahulu dan berpikir kemudian. Penurunan awal dan pemikiran kedua itu dapat memberikan peluang beli pada greenback. Tapi, mengapa dolar bisa melambung?

Dengan asumsi NFP hanya mengecewakan – peningkatan kurang dari 400.000 pekerjaan, tetapi masih merupakan angka yang sehat – itu akan membuat Federal Reserve tetap di jalur untuk menaikkan suku bunga sebesar 50 bps pada bulan Mei. The Fed senang dengan kekuatan ekonomi AS dan pasar tenaga kerja, yang mungkin masih digambarkan sebagai " ketat " bahkan setelah NFP yang tidak terlalu bagus.

Penting untuk dicatat bahwa inflasi terus meningkat dengan cepat, dan para pejabat saat ini berfokus pada pendinginan harga tinggi .

Alasan lain untuk melihat kenaikan dolar lebih lanjut adalah tren umum bergegas ke greenback sementara Rusia melanjutkan perangnya di Ukraina. Tren tetap menjadi teman trader – setidaknya saat tidak ada terobosan mendadak dalam pembicaraan.

Pikiran terakhir

Dolar akan muncul di atas, baik sebagai akibat dari skenario yang dijelaskan di atas, angka Nonfarm Payrolls yang mengecewakan – atau jika data melebihi perkiraan dan mendorong greenback tanpa penurunan awal.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik