Bantuan

Preview Jelang Data IMP Manufaktur ISM

01/07/2022, 14:10

IMP Manufaktur ISM AS akan menunjukkan pertumbuhan yang lebih lambat di bulan Juni. Komponen inflasi sangat penting dan ekspektasi yang rendah dapat menyebabkan kejutan kenaikan. Penghindaran risiko menjelang akhir pekan dapat menambah kekuatan dolar.

Petunjuk Nonfarm Payrolls pertama – begitulah cara saya menggambarkan Indeks Manajer Pembelian (PMI) Manufaktur ISM AS. Tidak kali ini. Sementara indikator juga memberikan wawasan tentang laporan pekerjaan, fokus kali ini tidak diragukan lagi adalah pada inflasi – mandat lain dari Federal Reserve, dan saat ini menjadi prioritas utama.

IMP Manufaktur utama akan turun dari 56,1 poin di bulan Mei menjadi 55 di bulan Juni, mencerminkan pertumbuhan yang lebih lambat dan ekspektasi yang lebih rendah dari bisnis di sektor industri. Namun demikian, skor di atas 50 masih merupakan ekspansi. Dolar akan bereaksi negatif terhadap berita utama hanya jika jatuh di bawah ambang batas 50 poin.

Poin data yang lebih penting adalah Harga yang Dibayar, yang merupakan gambaran dari ekspektasi inflasi manajer pembelian. Kalender ekonomi menunjuk ke penurunan dari 82,2 menjadi 80,5 poin. Namun, dengan kenaikan harga yang ada di benak semua orang – pesawat televisi dan pompa bensin yang berfungsi sebagai papan iklan – ada ruang untuk ayunan naik daripada yang turun.

Selain itu, survei Keyakinan Konsumen terbaru oleh Conference Board menunjukkan peningkatan ekspektasi inflasi satu tahun, dari 7,5% menjadi 8%.

Mungkin argumen paling meyakinkan yang saya miliki untuk sisi positifnya ditemukan dengan memeriksa publikasi terbaru. Tampaknya para ekonom menyesuaikan diri dengan kejutan baru-baru ini – baik mengharapkan angka Harga yang Dibayar tinggi ketika data meningkat di bulan sebelumnya, atau memproyeksikan angka yang lemah setelah meleset.

Kali ini, angka yang relatif lebih rendah ada di kartu, tetapi para ekonom mungkin telah melebih-lebihkan ekspektasi ke sisi negatifnya.

Ekspektasi inflasi yang tinggi di sektor manufaktur dapat menyebabkan pasar mengharapkan hasil serupa di PMI sektor jasa yang dirilis minggu depan. Selain itu, bank sentral juga mengawasi. Ketua Fed Jerome Powell telah menyebutkan angka ekspektasi inflasi ke depan sebagai hal yang penting untuk proses pengambilan keputusannya.

Angka Harga yang Dibayar yang lebih tinggi berarti dolar yang lebih kuat untuk mengantisipasi kenaikan suku bunga yang lebih cepat.

Alasan lain untuk mengharapkan greenback menguat adalah tren umum yang mendukungnya, didorong oleh Powell, yang mengatakan akan menjadi kesalahan yang lebih besar untuk membiarkan harga naik dengan cepat dan petunjuknya bahwa ia akan menerima resesi.

Pikiran terakhir

Inflasi, bukan lapangan kerja, adalah yang penting dalam IMP Manufaktur ISM. Setiap ketukan kecil akan memperpanjang tren naik dalam dolar, terutama karena akhir pekan semakin dekat dan aliran akhir bulan telah dihapus.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik