Bantuan

Preview Jelang Rilis Inflasi Zona Euro

01/07/2022, 15:40

Musim panas yang terik di Eropa – dan jika menyangkut inflasi, gelombang panas ini tidak bisa dihentikan. Harga telah naik dengan kecepatan tinggi sejak musim dingin, dan telah mencapai titik tertinggi baru di musim semi. Di bulan Mei, Indeks Harga Konsumen (IHK) utama mencapai 8,3%, dengan CPI Inti di 3,8%. Target Bank Sentral Eropa adalah 2%.

Seberapa tinggi kenaikan harga bisa terjadi? Para ekonom memperkirakan angka inflasi awal untuk bulan Juni menunjukkan percepatan lain, setidaknya di inti: menjadi 8,3% untuk headline dan 3,9% untuk inflasi yang mendasarinya. ECB telah mengumumkan akhir pembelian obligasi, menyatakan akan menaikkan suku bunga sebesar 25 bps pada bulan Juli – dan membiarkan pintu terbuka untuk pergerakan 50 bps pada bulan September. Rilis mendatang akan membantu membentuk ekspektasi dan menggerakkan euro. Saya percaya CPI Inti lebih penting dan itu bisa mengejutkan ke atas, mendorong euro.

Mengapa Core CPI lebih penting dari sebelumnya

Bank sentral hampir tidak berdaya dalam mempengaruhi harga energi dan pangan – Presiden ECB Christine Lagarde tidak dapat melihat blokade Rusia pada ekspor gandum Ukraina. Namun, hal itu dapat mempengaruhi harga barang-barang lain, dengan menaikkan suku bunga, mendorong orang Eropa untuk menabung, dan mencegah mereka mengambil pinjaman.

Lagarde baru-baru ini mengatakan bahwa pengangguran rendah dan kekurangan tenaga kerja meningkat yang mengarah ke upah yang lebih tinggi, sehingga pendinginan ekonomi mungkin diperlukan. Karena upah sangat berkorelasi dengan inflasi inti, angka-angka ini menjadi lebih penting.

Kalender ekonomi menunjukkan peningkatan 3,9% pada CPI Inti di bulan Juni, naik dari 3,8% di bulan Mei.

Ekonom memiliki rekam jejak yang luar biasa dalam tujuh bulan terakhir, meramalkan dengan angka presisi. Itu menambah pentingnya titik data ini – penyimpangan apa pun akan menjadi kejutan besar.
Tiga skenario

Lebih baik dari yang diharapkan : Saya pikir CPI Inti memiliki ruang untuk mengejutkan ke atas, karena orang Eropa memanfaatkan pembatasan covid yang hampir tidak ada dan cuaca hangat untuk dihabiskan. Jika mencapai 4%, euro akan naik. Topping nomor putaran lain akan memperkuat dampak pada mata uang bersama.

Seperti yang diharapkan : Pembacaan 3,9% pada inflasi yang mendasarinya masih akan meningkat dan mencerminkan percepatan. Sementara hasil seperti itu dihargai, mata uang bersama masih akan menguat.

Di bawah perkiraan : Jika Core CPI tetap di 3,8% atau bahkan turun, itu akan memberi ECB alasan untuk jeda. Apakah orang Eropa sudah menderita akibat dari harga energi dan makanan yang lebih tinggi dan pengeluaran yang lebih sedikit untuk hal-hal lain? Apakah harga yang lebih tinggi sudah mengoreksi diri mereka sendiri? Dalam hal ini, euro akan jatuh. Itu pasti akan terjadi di beberapa titik, tapi mungkin belum.
Pikiran terakhir

Dengan sedikit ketenangan di pasar obligasi negara – imbal hasil Italia kembali turun – ECB fokus pada inflasi dan terutama jenis yang dapat dipengaruhinya. Setiap penyimpangan 0,1% pada harga inti akan mengguncang euro , dan lebih cenderung ke atas daripada ke bawah.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik