Bantuan

Preview Jelang Rilis Data ADP

02/06/2022, 14:55

Pertumbuhan pekerjaan diperkirakan menjadi 300.000 naik dari 247.000 di bulan April. Rata-rata ADP kuartal keempat adalah 582.000, pertama adalah 530.000. Perkiraan NFP untuk 320.000 di bulan Mei, turun dari 428.000. Sensitivitas pasar terhadap pasar tenaga kerja telah mundur.

Penciptaan lapangan kerja Amerika diperkirakan akan berkurang pada kuartal kedua meskipun ada rekor jumlah posisi yang tidak terisi, bahkan ketika kekhawatiran pasar telah meninggalkan lapangan kerja karena inflasi.

Penggajian pribadi dari Automatic Data Processing (ADP), penyedia layanan gaji terbesar di dunia, diperkirakan akan meningkat menjadi 300.000 di bulan Mei menyusul 247.000 karyawan baru di bulan April. Angka ADP akan dirilis pada Kamis, satu hari lebih lambat dari biasanya karena libur Memorial Day pada Senin di AS.

Datang tepat sebelum Laporan Situasi Ketenagakerjaan Washington, yang biasa disebut Nonfarm Payrolls , atau hanya penggajian untuk statistik pusatnya, laporan ADP telah lama dicari untuk petunjuk angka pekerjaan nasional meskipun korelasi arah bulanan relatif lemah. Dalam setahun terakhir, ADP dan NFP telah bergerak bersama sebanyak tujuh kali dan oposisi lima kali. Untuk bulan Mei ADP diperkirakan akan naik dan NFP diperkirakan akan turun.

Pasar Tenaga Kerja

Fakta paling menonjol dari pasar kerja AS adalah jumlah historis posisi yang tidak terisi, surplus pekerjaan, dan kelangkaan karyawan yang telah berlangsung selama lebih dari setahun.

Survei Pembukaan Pekerjaan dan Perputaran Tenaga Kerja (JOLTS), dari Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS), telah berada di atas rekor sepanjang masa sebelumnya sebesar 7,574 juta pada November 2018 selama 13 bulan. Sejak Oktober, pengusaha AS telah mencari rata-rata 11,245 juta pekerja setiap bulan. Untuk tahun lalu, ekonomi memiliki rata-rata pembukaan 42% lebih banyak daripada waktu sebelumnya dalam sejarahnya.

Sulitnya mencari pekerja disebut oleh manajer pembelian sebagai faktor utama di balik penurunan indeks ketenagakerjaan. Indeks manufaktur telah jatuh dari 54,5 pada Januari menjadi 50,9 pada April. Sedangkan indeks jasa turun dari 57,0 di November menjadi 49,5 di April, kontraksi bulan kedua dalam enam bulan terakhir.
Kurangnya kesempatan bukanlah apa yang membuat ekonomi Amerika sakit.

Inflasi Dan Prospek Ekonomi

Ledakan inflasi AS telah menjadi kondisi yang mendominasi ekonomi AS dan alasan utama kebijakan Federal Reserve. Setelah mengabaikan kenaikan harga yang berkembang selama hampir satu tahun, The Fed berbalik arah dan diperkirakan akan menaikkan suku bunga fed fund 300 basis poin atau lebih tahun ini.

AS mengalami kontraksi pada tingkat tahunan 1,5% pada kuartal pertama. Pasar tidak akan tahu apakah ekonomi berada dalam resesi teknis sampai akhir Juli ketika PDB kuartal kedua dilaporkan. Data akan datang tepat setelah The Fed memberlakukan kenaikan suku bunga 0,5% ketiga berturut-turut pada 27 Juli.

Salah satu alasan untuk sigap Fed yang tiba-tiba adalah bahwa resesi dapat menghentikan program suku bunganya. Bagaimana gubernur membenarkan kenaikan tarif dalam ekonomi yang berkontraksi? Ini bukan pertanyaan yang dijawab oleh Ketua Fed Jerome Powell .

Kunci pertumbuhan AS adalah belanja konsumen, basis 70% kegiatan ekonomi yang terkenal. Meskipun Penjualan Eceran dan Pengeluaran Pribadi, dua ukuran utama konsumsi, tetap relatif kuat, mereka tidak dikoreksi untuk kenaikan harga. Pengeluaran pribadi riil, disesuaikan dengan inflasi, dari Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS) menceritakan kisah yang sangat berbeda. Sudah empat bulan terakhir datar.

Konsumen telah mempertahankan pengeluaran mereka bahkan ketika daya beli telah menurun selama lebih dari satu tahun, dengan memanfaatkan sumber daya keuangan mereka. Tingkat tabungan AS turun menjadi 4,4% pada bulan April, terendah sejak 2008, menurut laporan Departemen Perdagangan pada hari Selasa.

Berapa lama keluarga Amerika akan menggadaikan masa depan mereka untuk mempertahankan pengeluaran langsung mereka tidak diketahui. Asumsi dengan probabilitas yang meningkat adalah bahwa setelah kehilangan inflasi selama lebih dari satu tahun, dan dengan biaya kebutuhan meningkat jauh lebih cepat daripada inflasi keseluruhan, keluarga Amerika mendekati titik puncaknya.

Keputusan untuk berhemat tidak akan dipaksakan oleh pengangguran tetapi oleh inflasi yang tidak terkendali.

Respon pasar

Pengangguran di AS adalah 3,6%, hanya sepersepuluh poin dari rekor sepanjang masa. Masalah bagi pengusaha dan ekonomi bukanlah tingkat pengangguran tetapi tingkat partisipasi tenaga kerja. Orang-orang belum kembali ke pasar tenaga kerja standar dalam hal seperti jumlah yang dibutuhkan untuk mengisi sejumlah besar pekerjaan yang luar biasa.

Perlambatan prospektif dalam ADP dan mungkin NFP di bulan Mei akan dilihat oleh para pedagang sebagai produk dari kelangkaan tenaga kerja daripada melemahnya ekonomi. Reaksi pasar akan terbatas atau tidak ada sama sekali terhadap angka ADP, sebagian karena korelasinya yang buruk dengan NFP dan sebagian lagi karena berkurangnya kekhawatiran tenaga kerja, digantikan oleh inflasi.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik