Bantuan

Forex Hari Ini, 3 Januari

03/01/2023, 16:40

Berikut ini adalah yang perlu Anda ketahui pada hari Selasa, 3 Januari:

Dengan kondisi perdagangan yang akhirnya normal setelah liburan Tahun Baru, investor tampaknya telah mengadopsi sikap hati-hati pada Selasa pagi. Eurostoxx berjangka turun lebih dari 5% menjelang pembukaan dan indeks saham berjangka AS diperdagangkan hampir tidak berubah. Indeks Dolar AS berpegang teguh pada kenaikan harian yang kecil dan patokan imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun mundur menuju 3,8%. Data pengangguran dan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari Jerman akan ditampilkan dalam agenda ekonomi Eropa dan S&P Global akan merilis IMP Manufaktur Desember (final) untuk AS.

Sebelumnya, data dari Tiongkok mengungkapkan bahwa IMP Manufaktur Caixing turun ke 49 pada bulan Desember. Angka ini sedikit lebih tinggi dari ekspektasi pasar 48,8. Sementara itu, Zhao Chenxin, Wakil Direktur di Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China (NDRC), "Kesulitan Tiongkok pada tahun 2022 lebih besar dari yang diantisipasi tetapi ekonomi akan pulih pada tahun 2023," kata di awal hari. Indeks Komposit Shanghai dan Hang Seng keduanya tetap berada di jalur untuk menutup hari lebih dari 1% lebih tinggi. Namun demikian, reli risiko tampaknya tidak terbawa ke sesi Eropa.

EUR/USD kehilangan daya tariknya setelah naik di atas 1,0700 dan ditutup di wilayah negatif pada hari Senin. Pasangan ini tetap relatif tenang di sekitar 1,0650 di pagi hari Eropa awal. IHK tahunan pada bulan Desember diperkirakan akan turun ke 9% pada bulan Desember dari 10% pada bulan November.

GBP/USD menghentikan kenaikan beruntun dua hari dan ditutup di bawah 1,2050 pada hari Senin. Pasangan ini berhasil melakukan pemulihan sederhana selama jam perdagangan Asia dan terakhir terlihat diperdagangkan sedikit lebih tinggi pada hari itu di 1,2070.

USD/JPY berada di bawah tekanan bearish baru dan turun di bawah 130,00 untuk pertama kalinya sejak akhir Mei. Menurut Nikkei, Bank of Japan sedang mempertimbangkan untuk menaikkan perkiraan inlasi untuk tahun 2023 dan 2024 pada bulan Januari. Investor tampaknya menetapkan harga dalam kecenderungan hawkish dalam prospek kebijakan BoJ setelah berita utama ini.

Harga emas mengumpulkan momentum bullish di sesi Asia dan terus mendorong lebih tinggi di pagi hari Eropa. XAU/USD terakhir terlihat diperdagangkan pada level tertinggi sejak pertengahan Juni di dekat $1.850.

Bitcoin terus menguat menyusul pemulihan sederhana hari Senin dan diperdagangkan di wilayah positif sedikit di atas $16.700. Ethereum naik lebih dari 1% pada hari Senin dan tampaknya telah memasuki fase konsolidasi di sekitar $1.200.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik