Bantuan

Preview Jelang Pertemuan BOE

03/02/2022, 15:10

Bank of England akan menaikkan suku bunga pada pertemuan pertama tahun 2022. Inflasi yang lebih tinggi dan hawkishness Fed kembali bergerak. Pasar sepenuhnya menghargai pergerakan, memerlukan lebih banyak tindakan untuk meningkatkan sterling. Memberi sinyal kenaikan tambahan, menerbitkan perkiraan yang kuat dan menekan neraca akan diawasi.

Akankah Andrew Bailey menyelamatkan pound? Kata-kata Gubernur Bank of England diatur untuk menjadi lebih penting daripada tindakannya setelah kemiringan hawkish Federal Reserve. Pasar akan melihat melampaui kenaikan suku bunga kedua yang hampir pasti dan membandingkan hawkishness BOE dengan nada dari luar negeri.

Latar Belakang BOE
BOE menahan diri untuk tidak menaikkan suku bunga pada November 2021, mengejutkan pasar, dan kemudian memberikan kejutan lain ketika mengumumkan biaya pinjaman yang lebih tinggi pada bulan Desember. Selain mengirim pesan yang membingungkan, investor bingung melihat BOE menahan diri dari tindakan ketika Gubernur Bailey mengadakan konferensi pers, dan bergerak tanpa presser yang menyertainya.

Pertemuan Februari mendatang adalah "Kamis Super" lainnya, sebuah peristiwa yang tidak hanya mencakup keputusan suku bunga dan risalah pertemuan yang menyertainya, tetapi juga Laporan Kebijakan Moneter triwulanan bank, yang mencakup prakiraan ekonomi yang diperbarui. Ini diikuti oleh konferensi pers oleh Bailey, yang lebih penting daripada kenaikan suku bunga.

Gubernur mendapat julukan yang tidak menarik "pacar yang tidak dapat diandalkan" karena kejutan yang tercantum di atas, dan sekarang hanya ada sedikit ruang untuk kejutan pada suku bunga. Sejak BOE menaikkan biaya pinjaman menjadi 0,25% pada bulan Desember, data ekonomi terus menunjukkan perbaikan.

Produk Domestik Bruto mengejutkan dengan pertumbuhan 0,9% pada bulan November, tingkat pengangguran turun menjadi 4,1% pada bulan November dan inflasi melebihi perkiraan dengan 5,4% pada bulan Desember.

Ada alasan lebih lanjut untuk mengharapkan MPC menaikkan suku bunga pinjaman menjadi 0,50% – bank sentral lebih suka bertindak bersama-sama dan putaran hawkish Federal Reserve AS baru-baru ini memberi Bailey and Co izin untuk mengikutinya. .

Selain itu, penurunan nilai tukar sterling baru-baru ini berarti impor – yang bergantung pada Inggris karena defisit perdagangannya yang abadi – menjadi lebih mahal, mendorong inflasi lebih tinggi. Dengan mendaki, BOE mengimbangi biaya barang impor, serta mendinginkan permintaan domestik.


Skenario BOE dan reaksi GBP/USD

Seperti disebutkan, kenaikan suku bunga diperhitungkan, dan jika BOE hanya menerima tindakan itu, GBP/USD bisa mengalami kemunduran "beli rumor, jual fakta". Oleh karena itu pound mungkin akan jatuh jika BOE berada di tangannya.

Apa yang akan menggerakkan GBP/USD lebih tinggi? Janji untuk lebih meningkatkan biaya pinjaman hanya akan menjaga GBP/USD di tempatnya, namun, Bailey akan meningkatkan pound jika dia membuka pintu untuk bergerak lebih cepat, dengan kenaikan 50 basis poin – sesuatu yang tidak dikesampingkan oleh Fed .

Mengingat skeptisisme pasar terhadap penandatanganan peta jalan Bailey tentang suku bunga, akan lebih bijaksana untuk fokus pada potensi tekanan pada neraca. Fasilitas Pembelian Aset BOE membengkak menjadi £895 miliar setelah pandemi, dan ekspansi terbarunya berakhir pada akhir tahun 2021.

Jika Bailey mengumumkan pemerasan bertahap neraca BOE, sterling akan naik. Sebuah limpasan alami, menahan diri dari reinvestasi obligasi jatuh tempo , akan memiliki dampak positif kecil, sementara penjualan aktif utang Inggris sudah akan menarik uang keluar dari pasar, meningkatkan nilai pound.

Gubernur dan rekan-rekannya mungkin menahan diri dari rincian pada saat ini, melainkan mengikuti jejak The Fed dan memberikan panduan umum. Itu juga akan mendukung sterling, meskipun dengan cara yang terbatas.

Last but not least, perkiraan terbaru BOE akan menarik. Jika mereka menunjuk ke inflasi yang lebih kuat secara signifikan, itu akan menyiratkan tindakan yang lebih agresif dari BOE. Semakin tinggi harga yang diproyeksikan naik, semakin tinggi pound bisa pergi.

Pikiran Akhir

BOE akan menaikkan suku pada 3 Februari, dan itu tidak akan cukup untuk menjaga sterling lebih tinggi. Gabungan dari janji untuk lebih meningkatkan biaya pinjaman, menekan neraca dan perkiraan inflasi yang lebih tinggi akan diperlukan untuk mendorong GBP/USD .

 

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik