Bantuan

Forex Hari Ini, 3 Agustus

03/08/2022, 15:35

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Rabu, 3 Agustus:

Indeks Dolar AS (DXY) menghentikan penurunan beruntun empat hari pada hari Selasa karena meningkatnya ketegangan geopolitik memungkinkan aliran safe-haven terus mendominasi pasar keuangan. Tampaknya ada sedikit peningkatan dalam suasana risiko Rabu pagi dengan indeks saham berjangka AS naik antara 0,2% dan 0,3% dan DXY mengkonsolidasikan pemulihannya di atas 106,00. Data ekonomi Eropa akan menampilkan data Penjualan Ritel Juni sebelum ISM merilis laporan IMP Jasa Juli untuk AS di kemudian hari. Investor akan terus mencermati perkembangan politik dan juga pembicaraan Fed.

Terlepas dari peringatan keras China, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi telah mendarat di Taiwan, menjadi politisi AS paling senior yang mengunjungi negara itu dalam 25 tahun. Dengan tanggapan awal, Kementerian Luar Negeri China menerbitkan pernyataan, mencatat bahwa kunjungan Pelosi sangat melanggar kedaulatan dan integritas teritorial. Selain itu, China mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan latihan militer, termasuk latihan tembakan langsung, di daerah sekitar Taiwan mulai 4 Agustus. Sebelumnya pada hari itu, "kami ingin Taiwan selalu memiliki kebebasan dengan keamanan, kami tidak mundur dari itu," Pelosi mengatakan pada konferensi pers.

Sementara itu, Presiden Fed Chicago Charles Evans mengatakan pada hari Selasa bahwa kenaikan suku bunga 50 basis poin akan menjadi penilaian yang masuk akal untuk pertemuan kebijakan September jika inflasi tidak membaik. Komentar ini membantu imbal hasil obligasi T AS mendorong lebih tinggi dan imbal hasil AS 10-tahun naik lebih dari 6% setiap hari dan naik di atas 2,7% pada hari Selasa sebelum memasuki fase konsolidasi pada Rabu pagi.

Pada awal sesi Asia, data dari Selandia Baru menunjukkan bahwa Tingkat Pengangguran naik tipis menjadi 3,3% pada kuartal kedua dari 3,2% pada kuartal pertama. Tingkat Partisipasi hampir tidak berubah pada 70,8% pada periode yang sama. NZD/USD turun menuju 0,6200 dengan reaksi awal tetapi pulih di atas 0,6250 menjelang sesi Eropa.

Pasangan EUR/USD kehilangan lebih dari 100 pada hari Selasa dan menutup hari di bawah 1,0200. Pasangan ini mengalami kesulitan mendapatkan traksi di pagi Eropa dan berfluktuasi dalam kisaran ketat di atas 1,0150.

GBP/USD turun tajam pada hari Selasa karena pound Inggris gagal menemukan permintaan di atmosfer pasar yang menghindari risiko. Pasangan ini tetap relatif tenang di atas pertengahan 1,2100-an Rabu pagi. S&P Global akan merilis versi final dari data Layanan dan PMı Gabungan untuk Inggris di akhir sesi.

Dipicu oleh lonjakan imbal hasil obligasi Treasury AS, USD/JPY naik dengan pasti dari terendah dua bulan yang ditetapkan di 130,43 dan naik hampir 200 pip hari ini. Pasangan ini berfluktuasi dalam saluran sempit di atas 133,00 pada hari Rabu.

Emas berbalik ke selatan karena kenaikan imbal hasil AS dan penguatan dolar berbasis luas pada hari Selasa dan ditutup di wilayah negatif untuk pertama kalinya sejak Rabu lalu. Namun demikian, XAU/USD tampaknya telah mengumpulkan kembali momentum bullishnya dan terakhir terlihat naik menuju $1.770.

Bitcoin terus bergerak menyamping mendekati $23.000 dan Ethereum sedang berjuang untuk menemukan arah sambil tetap stabil di atas $1.600.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik