Bantuan

Forex Hari Ini, 4 Februari

04/02/2022, 15:15

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Jumat, 4 Februari:

Euro mencatat kenaikan yang mengesankan terhadap rival utamanya pada hari Kamis di tengah komentar hawkish Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde. Mata uang bersama tetap relatif tenang Jumat pagi karena investor menunggu data Nonfarm Payrolls (NFP) Januari AS. Menjelang laporan pekerjaan AS, Penjualan Ritel Desember akan ditampilkan dalam kalender ekonomi Eropa. Kemudian pada hari itu, data Tingkat Pengangguran Januari dari Kanada dapat berdampak signifikan pada penilaian pasar loonie.

Pada bulan Januari, NFP diperkirakan akan meningkat sebesar 150.000 menyusul peningkatan mengecewakan pada bulan Desember sebesar 199.000. Pelaku pasar juga akan mencermati pembacaan inflasi upah, yang disajikan sebagai perubahan dalam Penghasilan Per Jam Rata-Rata. Indeks Dolar AS kehilangan hampir 0,7% pada hari Kamis dan tetap dalam jarak menyentuh 95,00.

ECB membiarkan pengaturan kebijakannya tidak berubah seperti yang diharapkan setelah pertemuan kebijakan Februari. Ketika ditanya tentang harga pasar dari kenaikan suku bunga, Lagarde menahan diri dari menolak kemungkinan kenaikan suku bunga pada tahun 2022 dan memberikan dorongan untuk euro. Lagarde juga mengatakan bahwa inflasi di kawasan euro terlihat tetap tinggi lebih lama dari yang diharapkan.

EUR/USD naik lebih dari 100 pips pada hari Kamis dan terakhir terlihat diperdagangkan pada level tertinggi sejak pertengahan Januari di dekat 1,1450.

Pada hari Kamis, Bank of England (BOE) mengumumkan bahwa mereka menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin menjadi 0,5%. Pernyataan kebijakan mengungkapkan bahwa empat anggota MPC memilih kenaikan suku bunga 50 basis poin dan pound Inggris mengumpulkan kekuatan dengan reaksi awal. Namun, selama konferensi pers, Gubernur BOE Bailey terdengar sangat berhati-hati terhadap prospek ekonomi dan tidak membiarkan GBP mempertahankan momentum bullishnya.

GBP/USD akhirnya membukukan kenaikan harian kecil pada hari Kamis tetapi tetap di wilayah negatif di bawah 1,3600 menjelang sesi Eropa pada hari Jumat.

USD/CAD terus diperdagangkan dalam kisaran yang relatif ketat di bawah 1,2700. Tingkat Pengangguran di Kanada diperkirakan akan naik menjadi 6,2% pada Januari dari 5,9% pada Desember dengan Perubahan Bersih dalam Ketenagakerjaan menurun lebih dari 100 ribu pada periode tersebut.

Emas turun tajam di tengah lonjakan imbal hasil obligasi Treasury AS pada hari Kamis tetapi berhasil rebound di atas $1.800. Patokan imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun bertahan di atas 1,8% setelah naik 3% pada hari Kamis.

Terlepas dari pergeseran negatif yang disaksikan dalam sentimen pasar pada hari Kamis, Bitcoin naik moderat dan terus diperdagangkan di wilayah positif dekat $38.000 pada awal Jumat. Ethereum naik lebih dari 3% hari ini, menguji $2.800.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik