Bantuan

Forex Hari Ini, 4 Maret

04/03/2022, 16:55

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Jumat, 4 Maret:

Aliran safe-haven, sekali lagi, menguasai pasar selama jam perdagangan Asia pada hari Jumat setelah laporan menunjukkan kebakaran terjadi di sebuah gedung di kompleks nuklir Ukraina. Menurut berita utama terbaru, api telah padam dan tidak ada indikasi tingkat radiasi yang meningkat.

Namun demikian, pasar tetap menghindari risiko pada Jumat pagi dan Indeks Dolar AS diperdagangkan pada level tertinggi sejak Maret 2020 di dekat 98,00. Di kemudian hari, data Penjualan Ritel Januari akan ditampilkan di kalender Eropa menjelang laporan Nonfarm Payrolls Februari dari AS.

"Orang-orang Eropa, tolong bangun. Beritahu politisi Anda - pasukan Rusia menembaki pembangkit listrik tenaga nuklir di Ukraina," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy Jumat pagi. Dengan investor yang mencari perlindungan, benchmark imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun turun 2,5% pada 1,799% dan indeks saham berjangka AS turun antara 0,3% dan 0,5%.

Pada hari kedua kesaksiannya, Ketua FOMC Jerome Powell mengulangi bahwa mereka dapat mempertimbangkan opsi kenaikan suku bunga 50 basis poin jika mereka gagal mengendalikan inflasi setelah rangkaian kenaikan suku bunga pertama.

Powell kembali menjanjikan kenaikan suku bunga Fed Maret , pengurangan neraca.

Ditekan oleh kekuatan dolar berbasis luas di tengah nada hawkish Powell dan suasana pasar yang suram, EUR/USD merosot ke level terlemahnya dalam 22 bulan di dekat 1,1000. Pasangan ini melakukan koreksi teknis setelah aksi jual yang disaksikan selama sesi Asia tetapi terus diperdagangkan di wilayah negatif di bawah 1,1030.

GBP/USD tetap di bawah tekanan bearish sederhana setelah membukukan penurunan pada hari Kamis tetapi bertahan di atas 1,3300 untuk saat ini.

Emas tetap menjadi salah satu aset paling sensitif terhadap perubahan suasana risiko. Pada jam perdagangan Asia, XAU/USD melonjak di atas $1.950 tetapi menghapus semua kenaikannya menjadi datar hari ini di dekat $1.935 di pagi Eropa.

USD/JPY mengalami kesulitan membuat langkah yang menentukan di kedua arah pada hari Jumat karena JPY menemukan permintaan sebagai tempat berlindung yang aman dan mempertahankan posisinya terhadap dolar. Pasangan ini bergerak menyamping di dekat 115,50.

Bitcoin terus menghapus kenaikan yang tercatat di awal minggu dan turun menuju $41.000 pada Jumat pagi. Setelah menutup dua hari sebelumnya di wilayah negatif dan kehilangan 5% selama periode itu, Ethereum tetap tertinggal dan terakhir terlihat kehilangan 4% hari ini di $2.700.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik