Bisnis Zona Euro Melonjak Di Bulan Juli

04/08/2021, 17:30

Aktivitas bisnis zona euro melaju kencang bulan lalu, berkembang pada laju tercepat dalam 15 tahun, karena pencabutan lebih banyak pembatasan virus corona dan dorongan vaksin yang dipercepat menyuntikkan kehidupan ke dalam industri jasa dominan blok itu, sebuah survei menunjukkan.

Tetapi gangguan rantai pasokan dan kekurangan tenaga kerja berarti harga input melonjak pada tingkat tercepat dalam lebih dari dua dekade dan kekhawatiran pembatasan lebih lanjut untuk menahan varian Delta COVID-19 yang lebih menular dari penyebaran optimisme memukul.

Indeks Manajer Pembelian (PMI) komposit akhir IHS Markit, dilihat sebagai ukuran yang baik dari kesehatan ekonomi, naik ke 60,2 bulan lalu dari 59,5 Juni, level tertinggi sejak Juni 2006, jauh di atas tanda 50 yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi, meskipun sedikit di bawah perkiraan 60,6 "flash".

"Sektor jasa Eropa bangkit kembali. Pelonggaran pembatasan virus dan kemajuan vaksinasi lebih lanjut mendorong permintaan untuk berbagai kegiatan, terutama di bidang pariwisata, perjalanan dan perhotelan," kata Chris Williamson, kepala ekonom bisnis di IHS Markit.

Dengan lebih banyak pembukaan kembali industri jasa, indeks PMI sektor naik menjadi 59,8 dari 58,3 pada Juni, di bawah perkiraan awal 60,4 tetapi masih merupakan pembacaan akhir tertinggi sejak Juni 2006.

Aktivitas manufaktur terus berkembang dengan kecepatan yang luar biasa bulan lalu, survei saudara menunjukkan pada hari Senin, tetapi kekurangan bahan yang meluas dan ketersediaan transportasi yang buruk mendorong indeks harga input pabrik ke angka tertinggi sejak survei dimulai pada Juni 1997. 

Tekanan inflasi juga dirasakan oleh perusahaan jasa dan indeks harga input komposit naik ke 69,9 dari 69,8, tertinggi dalam hampir 21 tahun.

Sementara itu, jajak pendapat Reuters bulan lalu menunjukkan bahwa risiko terbesar terhadap prospek ekonomi blok itu adalah varian COVID-19 baru dan, dengan ketegangan Delta melanda seluruh Eropa, indeks ekspektasi bisnis jasa merosot ke level terendah tiga bulan di 69,1 dari 72,7. 

"Kekhawatiran tentang varian Delta telah menjadi lebih luas, ... mengurangi aktivitas dalam beberapa kasus dan meningkatkan kekhawatiran tentang kemungkinan pembatasan virus diperketat lagi," kata Williamson.

"Oleh karena itu, pertumbuhan jasa pada bulan Juli sedikit kurang ditandai dari perkiraan awal dan ekspektasi masa depan mendingin, menghadirkan risiko penurunan yang signifikan terhadap prospek dan mengisyaratkan bahwa pertumbuhan dapat mulai melambat lagi saat kita menuju musim gugur."

Promosi

Scroll ke atas
bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading