Bantuan

Forex Hari Ini, 5 Agustus

05/08/2022, 16:10

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Jumat, 5 Agustus:

Dolar melemah terhadap para pesaingnya di tengah penurunan imbal hasil obligasi Treasury AS pada hari Kamis tetapi berhasil mendapatkan kembali daya tariknya pada Jumat pagi. Menjelang laporan pekerjaan Juli AS yang sangat penting, Indeks Dolar AS membukukan kenaikan harian sederhana di dekat 106,00. Kalender Eropa tidak akan menampilkan rilis data berdampak tinggi dan suasana pasar tetap relatif optimis dengan perdagangan indeks saham berjangka AS di wilayah positif. Sementara itu, benchmark imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun bergerak sideways di bawah 2,7%, memungkinkan greenback tetap tangguh di pagi Eropa.

Pada hari Kamis, Bank of England (BOE) mengumumkan bahwa mereka menaikkan suku bunga kebijakan sebesar 50 basis poin menjadi 1,75% setelah pertemuan kebijakan Agustus. Namun, dalam proyeksi yang direvisi, BOE mengatakan bahwa mereka memperkirakan ekonomi Inggris akan mengarah ke resesi pada kuartal terakhir tahun ini. Prospek ekonomi yang suram menyebabkan pound Inggris menderita kerugian besar dan GBP/USD turun ke terendah harian 1,2065 sebelum melakukan rebound di tengah pelemahan dolar baru di paruh kedua hari ini. Pada saat berita ini dimuat, pasangan ini bergerak sideways di dekat 1,2150.

EUR/USD naik lebih dari 50 pip pada hari Kamis tetapi gagal mempertahankan momentum bullishnya. Namun demikian, pasangan ini terus diperdagangkan di atas 1,0200. Data dari Jerman menunjukkan pada hari sebelumnya bahwa produksi Industri meningkat sebesar 0,4% pada bulan Juni tetapi pembacaan ini memiliki sedikit atau tidak berdampak pada penilaian mata uang bersama.

Emas memperpanjang reli ke tertinggi baru bulanan di tengah jatuhnya imbal hasil obligasi Treasury AS dan mendekati $1.800. XAU/USD tampaknya telah memasuki fase konsolidasi di dekat $1.790 sambil menunggu katalis berikutnya.

USD/JPY naik lebih tinggi dan diperdagangkan di atas 133,00 Jumat pagi setelah ditutup jauh di wilayah negatif pada hari Kamis. Data dari Jepang mengungkapkan di awal sesi Asia bahwa Leading Economic Index turun menjadi 100,6 di bulan Juni dari 101,2 di bulan Mei.

USD/CAD gagal memanfaatkan kelemahan dolar secara luas karena penurunan harga minyak mentah membebani loonie yang sensitif terhadap komoditas. West Texas Intermediate, yang kehilangan hampir 10% minggu ini, terakhir terlihat naik 1,8% hari ini di $89,30, sehingga sulit bagi pasangan untuk meregang lebih tinggi. Kemudian pada hari itu, Statistik Kanada diperkirakan akan melaporkan bahwa Tingkat Pengangguran naik menjadi 5% pada bulan Juli dari 4,9% pada bulan Juni.

Bitcoin menutup empat hari pertama dalam seminggu dengan kerugian kecil tetapi pulih di atas $23.000 Jumat pagi, naik hampir 3% setiap hari. Setelah turun di bawah $1.600 pada hari Kamis, Ethereum memperoleh daya tarik dan naik menuju $1.700 pada hari Jumat.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik