Emas Naik Jelang Sesi Eropa

05/11/2021, 14:15

Emas naik pada hari Jumat menjelang sesi Eropa dan bersiap untuk kenaikan mingguan. Investor juga mencerna keputusan kebijakan terbaru dari Bank of England (BOE) dan Federal Reserve AS.

Emas berjangka naik tipis 0,17% menjadi $1.796,60 pada pukul 13.13 WIB, dan ditetapkan untuk kenaikan mingguan kedua dalam tiga dengan kenaikan 0,7%.

BOE mempertahankan suku bunga stabil pada 0,10% karena menjatuhkan putusan pada hari Kamis. Langkah itu mengejutkan investor, yang bertaruh bahwa BOE akan menjadi salah satu bank sentral utama pertama yang menaikkan suku bunga sejak pecahnya COVID-19.

Sehari sebelumnya, The Fed mengatakan akan memulai pengurangan aset, tetapi tetap "bersabar" pada kenaikan suku bunga saat menjatuhkan keputusannya sendiri. Ia juga berpegang pada pandangannya bahwa tekanan inflasi akan bersifat sementara.

Bank Sentral Eropa (ECB) juga menambahkan paduan suara yang dovish. Anggota dewan ECB Isabel Schnabel mengatakan pada hari Kamis bahwa meskipun bank sentral menyadari kekhawatiran tentang inflasi yang tinggi, sangat tidak mungkin untuk menaikkan suku bunga pada tahun 2022.

Patokan imbal hasil Treasury AS 10-tahun mundur dari puncak satu minggu, juga memberikan dukungan kepada logam kuning.

Sementara itu, lebih kecil dari perkiraan 269.000 klaim pengangguran awal diajukan selama seminggu terakhir, data yang dirilis pada hari Kamis menunjukkan. Investor sekarang menunggu laporan pekerjaan AS terbaru, termasuk non-farm payrolls, yang akan dirilis hari ini.

Di Asia Pasifik, pengeluaran rumah tangga Jepang mengalami kontraksi 1,9% tahun-ke-tahun di bulan September, menurut data yang dirilis pada hari sebelumnya. Namun, itu tumbuh 5% dari bulan ke bulan.

Di logam mulia lainnya, perak naik 0,3%, platinum naik tipis 0,2% dan paladium naik 0,4%.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik