Bantuan

Forex Hari Ini, 6 April

06/04/2022, 15:05

Inilah yang perlu Anda ketahui pada Rabu, 6 April:

Dipicu oleh komentar Fed yang hawkish dan rilis data yang optimis, Indeks Dolar AS telah naik ke level tertinggi dalam hampir dua tahun pada Rabu pagi. FOMC akan merilis risalah pertemuan kebijakan Maret di kemudian hari. Investor akan mencermati berita utama seputar konflik Rusia-Ukraina dan juga pidato pejabat Bank Sentral Eropa (ECB).

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengumumkan pada hari Selasa bahwa Uni Eropa akan memberlakukan larangan impor batubara Rusia, kira-kira bernilai sekitar € 4 miliar per tahun. UE juga akan memblokir semua transisi dengan empat bank besar Rusia. Di kemudian hari, Amerika Serikat diperkirakan akan mengungkap paket sanksi baru, yang dilaporkan akan mencakup larangan semua investasi baru di Rusia.

Wakil Ketua Fed Lael Brainard mengatakan pada hari Selasa bahwa Fed siap untuk mengambil "tindakan yang lebih kuat" jika inflasi dan ekspektasi inflasi mengharuskannya. Brainard lebih lanjut mencatat bahwa mereka akan memindahkan kebijakan ke posisi yang lebih netral akhir tahun ini melalui kombinasi pengurangan neraca dan kenaikan suku bunga. Demikian pula, Presiden Fed San Francisco Mary Daly menegaskan bahwa mereka dapat memulai pengurangan neraca sedini Mei.

Data dari AS menunjukkan bahwa kegiatan ekonomi di sektor jasa terus berkembang dengan kecepatan yang mengesankan di bulan Maret.

Sementara itu, IMP Jasa Caixin di China jatuh ke 42 di bulan Maret dari 50,2 di bulan Februari, meleset dari ekspektasi pasar 53 dengan selisih yang lebar. China akan menjaga kota Shanghai dalam penguncian penuh sampai mereka melihat hasil putaran pengujian massal berikutnya, yang dijadwalkan dimulai pada 6 April.

EUR/USD jatuh di bawah 1,0900 dan menyentuh level terendah dalam lebih dari sebulan. Investor semakin khawatir atas ekonomi zona euro yang jatuh ke dalam resesi di tengah konflik Rusia-Ukraina yang berkepanjangan.

GBP/USD naik di atas 1,3150 pada hari Selasa tetapi berbalik arah tajam di paruh kedua hari ini karena penguatan dolar yang diperbarui. Pasangan ini terakhir terlihat membukukan penurunan harian kecil sedikit di atas 1,3050.

Tertekan oleh lonjakan imbal hasil obligasi Treasury AS, emas ditutup di wilayah negatif pada hari Selasa. Rabu pagi, XAU/USD diperdagangkan dalam kisaran yang relatif ketat di dekat $1.920.

USD/JPY naik hampir 100 pips pada hari Selasa dan membentang lebih tinggi menuju 124,00 Rabu pagi. Patokan imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun naik 2% menjadi 2,6% menjelang sesi Eropa.

AUD/USD naik ke level terkuatnya sejak Juni 2021 karena kemiringan hawkish yang terlihat dalam panduan ke depan Reserve Bank of Australia. Pasangan ini, bagaimanapun, menghapus sebagian besar kenaikannya dan memasuki fase konsolidasi di bawah 0,7600.

Bitcoin kehilangan lebih dari 2% pada hari Selasa dan turun menuju $ 44.000 pada Rabu pagi sebelum melakukan rebound. Pada saat penulisan, BTC/USD sedikit berubah hari ini di $45.400. Ethereum turun hampir 5% dari puncak tiga bulan yang ditetapkan pada $3.580 di awal minggu dan diperdagangkan di bawah $3.400.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik