Preview Jelang NFP

06/08/2021, 13:05

Reli saham, kenaikan hasil Treasury dan permintaan dolar AS memberitahu kita bahwa investor mengantisipasi laporan NFP (Non-Farm Payrolls) yang kuat pada hari Jumat. Perkiraan konsensus adalah 870.000 pekerjaan, yang akan menjadi peningkatan terkuat sejak Agustus, sementara angka bisikan adalah 1 juta. 

Pada hari Rabu, investor terkejut oleh angka penggajian swasta ADP yang lemah, tetapi sejak itu kekhawatiran mereka telah diredakan oleh kumpulan data lainnya. Pada hari Kamis, misalnya, kami mengetahui bahwa klaim pengangguran turun ke level terendah tiga minggu sebagai klaim yang berkelanjutanturun ke posisi terendah sebelum pandemi. 

Juli adalah bulan yang kuat bagi ekonomi AS, dengan peningkatan pengeluaran untuk kegiatan rekreasi, seperti perjalanan dan restoran. Dengan perekrutan bisnis di seluruh negara, laporan pekerjaan harus bagus.

Setiap bulan kami juga melacak beberapa laporan ekonomi yang dapat memiliki kemampuan prediksi yang kuat untuk non-farm payrolls, dan hampir semuanya menunjukkan laporan pekerjaan yang lebih kuat di bulan Juli dibandingkan dengan Juni. 

ISM sektor jasa mencapai rekor tertinggi, dengan komponen ketenagakerjaan kembali berekspansi. 

Challenger melaporkan PHK paling sedikit dalam 21 tahun, sementara kepercayaan konsumen mencapai puncak pandemi, menurut Conference Board, dengan klaim pengangguran dan klaim berkelanjutan bergerak lebih rendah. 

Satu-satunya outlier adalah ADP, tetapi indeks ini telah menyimpang dari NFP lebih dari biasanya dalam beberapa bulan terakhir. Peningkatan yang lamban juga dapat menjadi cerminan dari kekurangan tenaga kerja di sektor swasta.

Argumen Untuk Penggajian Non-Pertanian yang Lebih Kuat

• Komponen ketenagakerjaan ISM Non-Manufaktur naik ke 53,8 dari 49,3

• Komponen ketenagakerjaan Manufaktur ISM naik ke 52,9 dari 49,9

• PHK penantang turun ke level terendah 21-tahun

• Indeks Sentimen Konsumen Universitas Michigan naik ke 85,5

• Indeks Keyakinan Konsumen Conference Board mencapai puncak pandemi

• Klaim Pengangguran Rata-rata 4-Minggu turun sedikit ke 394.500 dari 397.000

• Klaim berkelanjutan turun ke posisi terendah sebelum pandemi

Argumen untuk Non-Farm Payrolls yang Lebih Lemah

• ADP turun menjadi 330.000 dari 680.000

Jika non-farm payrolls melebihi kenaikan 850.000 bulan lalu dan pengangguran turun dari 5,9%, seperti yang diharapkan, dan pertumbuhan pendapatan tetap stabil atau naik, USD/JPY akan mencapai 110 dan EUR/USD akan turun di bawah 1,18. 

Semakin besar kenaikannya, semakin kuat pergerakan dolar AS. Jika gaji naik kurang dari 800.000 dan tingkat pengangguran atau pertumbuhan pendapatan juga turun, kami memperkirakan aksi jual moderat dalam dolar AS. Penurunan tajam akan terjadi jika pertumbuhan pekerjaan kurang dari 600.000.

Kanada juga merilis angka pasar tenaga kerja pada hari Jumat. Mengikuti data perdagangan yang kuat dan peningkatan IMP IIVEY baru-baru ini , para ekonom menyerukan pertumbuhan pekerjaan yang kuat untuk satu bulan lagi. Kanada akhirnya menambahkan pekerjaan pada bulan Juni setelah kerugian pada bulan April dan Mei. Dengan peningkatan vaksinasi dan pembatasan yang lebih sedikit, pertumbuhan pekerjaan akan meningkat pada bulan Juli, memvalidasi pengurangan bank sentral dalam pembelian aset.

Bank of England memilih 7 banding 1 untuk membiarkan kebijakan moneter tidak berubah pada hari Kamis. Prakiraan inflasi ditingkatkan, perkiraan PDB dibiarkan tidak berubah dan bank sentral memberikan sedikit kejelasan tentang arah kebijakan masa depan. 

Dikatakan pengetatan sederhana mungkin diperlukan dalam dua hingga tiga tahun ke depan, dengan kenaikan suku bunga kemungkinan akan mendahului akhir QE. Lebih khusus lagi, ia mengharapkan reinvestasi QE berakhir ketika suku bunga mencapai 0,5%. Kembali pada tahun 2018, bank sentral mengatakan tidak akan memulai pelonggaran QE sampai suku bunga mencapai 1,5%. GBP/USD diperdagangkan sedikit lebih tinggi di balik keputusan suku bunga.

 

Promosi

Scroll ke atas
bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading