Bantuan

Forex Hari Ini, 6 September

06/09/2022, 17:00

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Selasa, 6 September:

Dengan kondisi perdagangan yang normal setelah akhir pekan tiga hari di AS, Indeks Dolar AS tetap relatif tenang pada awal Selasa. IMP Jasa Agustus ISM akan menjadi satu-satunya data tingkat tinggi yang ditampilkan dalam kalender ekonomi AS. Sementara itu, aliran risiko tampaknya telah kembali dengan indeks ekuitas utama Eropa diperdagangkan di wilayah positif. Selain itu, indeks saham berjangka AS naik antara 0,8% dan 1,1% sementara imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun naik lebih dari 1%.

Selama jam perdagangan Asia, Reserve Bank of Australia (RBA) mengumumkan bahwa mereka menaikkan suku bunga kebijakan sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 2,35% dari 1,85%. Dalam pernyataan kebijakannya, RBA mengatakan bahwa mereka mengharapkan untuk meningkatkan suku bunga lebih lanjut selama beberapa bulan ke depan tetapi mencatat bahwa dewan tidak berada pada jalur suku bunga yang telah ditentukan sebelumnya. Mengenai prospek inflasi, RBA mencatat bahwa mereka melihat ekspektasi inflasi jangka menengah tetap berlabuh dengan baik. Meskipun AUD/USD naik lebih tinggi menuju 0,6850 selama sesi Asia, AUD/USD kehilangan daya tariknya dan berubah negatif hari ini di bawah 0,6800.

Sebelumnya pada hari itu, Destatis Jerman melaporkan bahwa Pesanan Pabrik mengalami kontraksi sebesar 13,6% pada basis tahunan di bulan Juli, dibandingkan dengan ekspektasi pasar untuk penurunan sebesar 6,1%. Pada berita terkait energi, Wakil CEO Gazprom Vitaly Markelov menyatakan pada hari Selasa bahwa pipa Nord Stream 1 tidak akan diluncurkan sampai Siemens Energy mengganti peralatan yang rusak. Selama akhir pekan, Siemens mengatakan tidak diminta untuk melakukan pekerjaan itu dan menegaskan kembali bahwa sanksi tidak akan melarang pemeliharaan. Terlepas dari data Jerman yang suram dan meningkatnya kekhawatiran atas krisis energi yang semakin dalam di Eropa, EUR/USD naik menuju paritas, didukung oleh suasana pasar yang membaik.

USD/JPY memperpanjang reli pada kenaikan imbal hasil AS dan naik ke level tertinggi dalam lebih dari dua dekade di atas 141,00 pada hari Selasa. Data dari Jepang menunjukkan bahwa Pengeluaran Rumah Tangga Secara Keseluruhan naik sebesar 3,4% pada basis tahunan di bulan Juli, meleset dari ekspektasi pasar sebesar 4,2%. Mengomentari perkembangan pasar, "Saya mendapat kesan bahwa pergerakan valas baru-baru ini menjadi lebih signifikan," Menteri Keuangan Jepang Shunichi Suzuki mengatakan pada hari Selasa.

Liz Truss memenangkan perlombaan kepemimpinan Partai Konservatif untuk menjadi Perdana Menteri Inggris berikutnya pada hari Senin, seperti yang diharapkan. "Saya akan menyampaikan rencana berani untuk memotong pajak dan menumbuhkan ekonomi kita," kata Truss dalam pidato penerimaannya. Setelah menyentuh level terlemahnya sejak Maret 2020 di 1,1443 pada hari Senin, GBP/USD melakukan rebound yang menentukan dan terakhir terlihat naik 0,75% hari ini di 1,1600.

Emas memulai hari kedua minggu ini dengan pijakan yang kuat dan naik ke tertinggi baru mingguan di $1.726. Namun, dengan imbal hasil obligasi-T AS mulai naik lebih tinggi selama sesi Eropa, XAU/USD menghapus sebagian besar kenaikan hariannya dan terakhir terlihat diperdagangkan di sekitar $1.715.

Bitcoin terus berfluktuasi dalam kisaran yang sangat sempit di bawah $20.000 dan Ethereum mempertahankan kenaikan harian moderat di atas $1.600 pada pagi Eropa pada hari Selasa.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik