Bantuan

Iklan Pekerjaan Australia Melonjak

06/12/2021, 10:20

Iklan pekerjaan Australia melonjak pada November karena pencabutan tindakan penguncian virus corona membuat permintaan tenaga kerja melonjak di Sydney dan Melbourne, pertanda baik untuk pemulihan ekonomi yang cepat.

Angka yang dirilis di hari  Senin dari Australia dan Selandia Baru Banking Group Ltd menunjukkan total iklan pekerjaan naik 7,4% pada November dari Oktober, ketika mereka sudah naik 7,5%.

Sisa itu bertambah 52% lebih tinggi dari tahun sebelumnya di 222.093, dan naik 44% tinggi pada tingkat pra-pandemi.

Analis mengatakan laporan itu mengindikasikan kemungkinan rebound tajam dalam angka ketenagakerjaan resmi menyusul penurunan mengejutkan 46.300 pada Oktober dan kenaikan tingkat pengangguran menjadi 5,2%.

"Iklan pekerjaan menunjukkan tingkat pengangguran harus turun kembali di bawah 5% dalam waktu dekat, dan kami memperkirakannya akan turun menjadi sekitar 4% pada akhir 2022 dan bahkan lebih jauh pada 2023," kata analis. "Pengangguran setengah juga kemungkinan akan jauh lebih rendah."

 Reserve Bank of Australia sedang berusaha untuk mendorong pengangguran turun ke 4% atau bahkan lebih rendah dengan harapan akhirnya mengangkat pertumbuhan upah setelah bertahun-tahun naik hangat.

Bank sentral akan mengadakan pertemuan kebijakan Desember pada hari Selasa dan secara luas dianggap pasti akan mempertahankan suku bunga kebijakannya pada rekor terendah 0,1% dan untuk menegaskan kembali prospek tidak ada kenaikan hingga setidaknya 2023.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik