Bantuan

Preview Jelang NFP

07/01/2022, 17:05

Nonfarm Payroll sebagai statistik ekonomi AS favorit pasar telah dicopot. Untuk beberapa kuartal berikutnya, peran utama Nonfarm Payrolls adalah untuk mengkonfirmasi kebijakan inflasi yang baru ditemukan Federal Reserve. Singkat dari keruntuhan langsung dalam penciptaan lapangan kerja Amerika, perkembangan bulanan dalam penggajian seharusnya tidak menghalangi bank sentral AS dari upayanya untuk menegaskan kembali kendali atas harga konsumen.

Nonfarm Payrolls diperkirakan akan naik 400.000 di bulan Desember, hampir dua kali lipat 210.000 di bulan November. Selama enam bulan terakhir gaji rata-rata 612.000, dengan kisaran dari terendah November di atas 1,091 juta pada Juli. Ini merupakan setengah tahun terbaik dari peningkatan lapangan kerja sejak pemulihan penguncian awal yang dimulai pada Mei 2020.

Ketenagakerjaan, inflasi dan kebijakan Fed
Inflasi konsumen secara keseluruhan telah melonjak dari 1,4% (YoY) di bulan Januari menjadi 6,8% di bulan November. Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi Inti (PCE), ukuran pilihan Fed, telah meningkat lebih dari tiga kali lipat dari 1,5% (YoY) pada awal tahun, menjadi 4,7% pada November.

CPI
Biaya manufaktur telah naik pada tingkat rekor selama tiga bulan berturut-turut, memastikan bahwa harga konsumen pada semester pertama tahun ini akan terus lebih tinggi. Indeks Harga Produsen (PPI) tahunan naik 8,6% di bulan September, 8,8% di bulan Oktober dan 9,6% di bulan November.

PPI
Selama 21 bulan pandemi, dari Maret 2020 hingga pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) 3 November, kebijakan bank sentral AS secara eksklusif difokuskan pada pembangunan kembali pasar tenaga kerja. Ketua Jerome Powell dan pejabat lainnya menekankan, berulang kali, pentingnya memulihkan lapangan kerja ke kondisi yang sangat baik sebelum pandemi.

Gubernur Fed memberikan petunjuk pertama tentang potensi perubahan kebijakan dalam risalah pertemuan FOMC April yang dirilis pada 19 Mei. Ringkasan tersebut mencatat bahwa beberapa anggota berpikir bahwa jika ekonomi terus membaik, saatnya untuk mempertimbangkan perubahan kebijakan. mungkin mendekat.

Ketika inflasi meningkat di paruh kedua tahun ini, retorika Fed semakin mengarah ke inflasi. Ketua Powell mengatakan bahwa bank harus menghentikan istilah 'sementara' untuk menggambarkan kenaikan harga AS pada 30 November. Sebuah komentar yang terlihat secara luas pada saat itu sebagai jaminan dua kali lipat pengurangan bulanan $15 miliar dari pembelian obligasi pada pertemuan kebijakan 15 Desember. , mengakhiri program $120 miliar pada Maret 2022. Ternyata benar.

Perkiraan inflasi Fed berkembang lebih cepat. Pada 22 September, Bahan Proyeksi memperkirakan inflasi PCE 4,2% untuk 2021 dan inti 3,7%. Target atas suku bunga The Fed pada akhir 2022 diharapkan menjadi 0,3%, tepat di atas hasil 0,25% yang masih ada.

Kurang dari tiga bulan kemudian, pada FOMC 15 Desember, inflasi PCE untuk tahun 2021 adalah 5,3%, dan inti 4,4%. Perkiraan dana fed untuk akhir 2022 adalah 0,9%, hampir tiga kenaikan penuh 0,25%. Proyeksi inflasi lebih luar biasa ketika Anda mempertimbangkan bahwa perubahan terjadi dengan hampir tiga perempat tahun sudah tercatat.

Peningkatan dana fed pertama sekarang diharapkan pada FOMC 15-16 Maret. Chicago Board Options Exchange (CBOE) fed fund futures mencatat peluang kenaikan pada pertemuan itu di 67,8% dan peluang luar biasa 73,4% untuk tiga kenaikan pada pertemuan terakhir tahun ini pada 14 Desember.

ADP dan NFP
Laporan Ketenagakerjaan Nasional Automatic Data Processing (ADP) untuk Desember adalah 807.000, hampir dua kali lebih kuat dari perkiraan konsensus 400.000.

Meskipun laporan ADP dan NFP mengambil data mereka dari pasar tenaga kerja AS, korelasi bulanannya buruk sejak pandemi melanda pada Maret 2020. Dari 11 bulan tahun ini, ADP dan NFP telah bergerak ke arah yang sama enam kali dan berlawanan arah. keseimbangan.

ADP
Data ADP adalah rekaman langsung dari perubahan pekerjaan di 460.000 klien AS perusahaan, yang mencakup sekitar 26 juta pekerja. Penggajian secara eksklusif di sektor swasta dan tidak mencakup pekerjaan pemerintah di tingkat lokal, negara bagian atau federal.

NFP
Laporan Situasi Ketenagakerjaan dari Departemen Tenaga Kerja mencoba untuk menilai seluruh pasar tenaga kerja AS. Dikenal sebagai Nonfarm Payrolls (NFP) karena statistiknya yang paling terkenal, ini melacak karyawan baru dan PHK di perusahaan yang sudah mapan dan memperkirakan jumlah pekerjaan yang diciptakan setiap bulan oleh bisnis yang baru terbentuk. Kombinasi perubahan penggajian dan proyeksi digabungkan untuk nomor NFP bulanan. Setahun sekali, perkiraan bulanan dikoreksi dengan daftar pajak, sebuah proses yang sering kali menghasilkan keuntungan atau kerugian beberapa juta pekerjaan. Pada saat koreksi, di tahun berikutnya, dampak pasar yang asli sudah lama terlupakan.

Indikator pasar tenaga kerja
Data ketenagakerjaan sekunder menunjukkan bahwa permintaan akan pekerja tetap kuat. PHK sangat rendah dengan pekerjaan yang tidak terisi dan keberangkatan kerja sukarela dalam catatan sejarah.

Hasil ADP Desember dan rata-rata 602.000 selama empat bulan terakhir, menunjukkan bahwa, setidaknya di sektor swasta, pekerja kembali atau mencari pekerjaan baru.

Klaim Pengangguran Awal
Klaim Pengangguran Awal turun menjadi 198.000 dalam minggu 24 Desember. Itu adalah pembacaan ketiga di bawah 200.000 dalam enam minggu terakhir. Rata-rata empat minggu turun menjadi 199.250 dalam periode lima hari yang sama, jumlah terendah dalam 52 tahun, sejak 25 Oktober 1969.

Goncangan
Posisi yang tidak terisi dalam Survei Pembukaan Pekerjaan dan Perputaran Tenaga Kerja (JOLTS) rata-rata 10,695 juta dari Juni hingga November setelah mencatat rekor sepanjang masa 11,098 juta pada Juli. Sebelum tahun ini, total satu bulan tertinggi adalah 7,574 juta pada November 2019.

Sebuah rekor jumlah orang meninggalkan pekerjaan mereka pada bulan November menurut laporan JOLTS yang sama dari Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS).

Menurut BLS, 4,5 juta pekerja secara sukarela meninggalkan tempat mereka pada November, naik dari 4,2 juta bulan sebelumnya.

Keberangkatan sukarela, biasanya oleh pekerja yang mencari upah lebih tinggi, adalah tanda kesempatan kerja. Orang harus merasa yakin bahwa mereka akan menemukan pekerjaan baru dan lebih baik atau mereka tidak akan mengundurkan diri. Peningkatan omset terbesar terjadi di perhotelan dan perawatan kesehatan, industri yang terpukul keras oleh penguncian dan pandemi.

Pekerjaan PMI
Indeks Pekerjaan Manajer Pembelian (PMI) dari Institute for Supply Management (ISM) menyiratkan bahwa perekrutan telah dikendalikan oleh kekurangan pekerja daripada kurangnya peluang.

Komentar dari manajer bisnis menyoroti sulitnya mencari pekerja, terutama di bidang perdagangan terampil, bukan kurangnya pesanan..

IMP Ketenagakerjaan Manufaktur untuk Desember datang di 54,2, lebih baik dari perkiraan 53,5 dan November 53,3. Itu adalah skor tertinggi sejak April 2020.

Layanan PMI Ketenagakerjaan adalah 54,9 di bulan Desember turun dari 56,5 di bulan November tetapi lebih baik dari prediksi 54,1.

Risalah Desember Federal Reserve
Risalah pertemuan FOMC Desember, yang dirilis pada hari Rabu, meningkatkan taruhan pada kebijakan suku bunga Fed lebih lanjut.

Anggota membahas rencana untuk mengurangi jumlah Treasuries dan sekuritas berbasis hipotek yang dimiliki Fed di neraca. Meskipun tidak ada tanggal yang ditetapkan, pengurangan kepemilikan bank hampir $8,3 triliun dapat dimulai segera setelah mulai menaikkan suku bunga, saat ini diharapkan pada pertemuan FOMC Maret.

"Hampir semua peserta setuju bahwa kemungkinan akan tepat untuk memulai limpasan neraca di beberapa titik setelah kenaikan pertama dalam kisaran target untuk tingkat dana federal," kata risalah tersebut.

Prosesnya juga diharapkan lebih cepat daripada sebelumnya pada tahun 2017 selama penghentian pembelian pelonggaran kuantitatif krisis keuangan. “Laju limpasan neraca yang tepat kemungkinan akan lebih cepat daripada selama episode normalisasi sebelumnya,” catat risalah tersebut.

Neraca The Fed dan pembelian obligasinya, seperti halnya setelah krisis keuangan, merupakan faktor kunci dalam menjaga suku bunga mendekati posisi terendah dalam sejarah.

Kesimpulan
Ketersediaan lapangan kerja, tingkat PHK yang sangat rendah, keinginan banyak pekerja untuk meningkatkan upah mereka untuk mengatasi inflasi yang melonjak, dan ekspansi AS yang semarak, seharusnya memberikan Nonfarm Payrolls bulan Desember yang baik. Mengingat kekuatan indikator yang menyertai dan hasil ADP, risiko dibobotkan ke angka yang jauh lebih baik daripada perkiraan.

Respon pasar
Respon pasar terhadap Nonfarm Payrolls akan melanjutkan reaksi Tahun Baru terhadap prospek suku bunga AS yang lebih tinggi. Pembalikan kebijakan The Fed yang dimulai pada pertemuan FOMC November setelah berbulan-bulan antisipasi, meningkat pada Desember dan ditingkatkan oleh pembahasan neraca dalam risalah pertemuan itu.

Topik neraca mungkin sedikit tidak terduga untuk pasar hari Rabu dan ekuitas turun tajam sebagai tanggapan, dengan Dow kehilangan 392,54 poin, 1,07% menjadi 36.407,11 dan S&P 500 turun 1,94%, 92,96 poin menjadi 4.007,58.

Imbal hasil Treasury melanjutkan lonjakan Januari mereka. Imbal hasil 10-tahun naik menjadi 1,730% pada Kamis sore, tertinggi sejak April 2021. Ini telah menambahkan 22 basis poin dalam empat hari perdagangan 2022 sejak ditutup pada 1,512% pada 31 Desember. Pengembalian 30-tahun berada di 2,095% , naik 19 basis poin dari penyelesaian akhir tahun di 1,905%.

Hasil Treasury 10-tahun
Meskipun kenaikan baru-baru ini, imbal hasil Treasury tetap jauh di bawah rata-rata pra-pandemi mereka.

Respon dolar beragam pada risalah hari Rabu, melemah terhadap euro dan sterling tetapi menguat versus dolar Kanada dan Australia. Penutupan USD/JPY hari Rabu di 116,12 adalah yang tertinggi dalam lima tahun.

Arah pasar untuk kuartal pertama telah ditentukan oleh perubahan mendadak kebijakan suku bunga Federal Reserve. Nonfarm Payrolls dan ekonomi tenaga kerja Amerika akan meningkatkan pilihan Fed dengan mempertahankan ekspansi yang kuat. Pertumbuhan ekonomi Amerika pada kuartal keempat diperkirakan oleh Fed Atlanta akan berjalan pada kecepatan tahunan 7,4%. Ada indikasi bahwa ini akan berlanjut hingga paruh pertama tahun 2022. Tingkat Treasury yang lebih tinggi akan mendukung dolar tetapi dampak jangka panjangnya terhadap ekuitas bergantung pada kekuatan ekspansi AS.

Peluang mundurnya pasar tenaga kerja AS yang cukup serius untuk membuat kebijakan Tahun Baru Fed diragukan, untuk saat ini, paling tidak mungkin.

 

 

NFP

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik