Bantuan

Fokus Minggu Ini, 7-11 Februari

07/02/2022, 12:45

Februari dimulai dengan tarik ulur kekuatan di pasar, atau dengan permainan mengikuti pemimpin yang disandingkan dengan kursi musik. Pergerakan besar dari perusahaan raksasa teknologi Alphabet (+7.3%), Facebook/Meta Platforms (-26,4%), dan Amazon (+13,5%) menyeret pasar bersamanya, paling baik diilustrasikan oleh penyelesaian bergejolak NASDAQ Composite minggu ini.

Laporan pekerjaan AS yang sangat kuat juga menunjukkan kekuatan yang berkelanjutan dalam ekonomi, sementara minyak naik ke level tertinggi 7 tahun dan mata uang kripto kembali naik menjadi pengingat perdagangan lindung nilai inflasi. Hasil akhirnya adalah kenaikan 1,5% untuk S&P 500 minggu ini, dengan Nasdaq naik 2,4% dan Dow Jones Industrial Average menguat 1%.

Yang membuat kita bersiap selama seminggu ini yaitu laporan IHK (Indeks Harga Konsumen) dan beragam laporan pendapatan perusahaan. Banyak juga yang akan memantau konflik Rusia-Ukraina, terkait impor geopolitik yang jelas serta efek langsungnya pada sektor komoditas.

Inilah yang perlu Anda ketahui untuk memulai minggu Anda:
1. Laporan IHK AS

Amerika Serikat menambahkan 467.000 pekerjaan pada bulan Januari, mengejutkan para ekonom dan analis yang memperkirakan bahwa gangguan varian Omicron kemungkinan berdampak yang lebih dalam. Ini adalah pengingat betapa sebagian besar wilayah AS telah memutuskan bahwa COVID-19 bukanlah penyebab kekhawatiran besar, dan juga ekonomi AS cukup terdampak akibat inflasi.

Laporan Indeks Harga Konsumen (IHK) dan IHK Inti dirilis pada hari Kamis sebelum pasar buka. Ekonom memperkirakan IHK akan naik 0,5% dari bulan ke bulan dan 7,3% dari tahun ke tahun, dengan IHK inti (tidak termasuk harga makanan dan energi) juga diperkirakan tercatat sebesar 0,5% bulan ke bulan dan 5,9% tahun ke tahun. Dengan gemuruh bahwa Fed kemungkinan tidak hanya menaikkan suku bunga empat kali tahun ini tetapi juga mendorongnya langsung menuju kenaikan 50 basis poin pada bulan Maret, laporan ini akan memiliki bobot yang nyata.


2. Rilis laporan pendapatan bagian 1 – efek terkait pandemi

Salah satu cara untuk membaca proyeksi dan laporan pendapatan Meta Platform yang diredam adalah sebagai tanda baru bahwa gangguan terkait pandemi hilang untuk perusahaan teknologi. Rebound Amazon setelah laporannya tentang dampak terburuk yang sudah diperhitungkan ke dalam saham, karena perusahaan mendapat pukulan besar di kuartal III.

Kita akan terus mendapatkan pembacaan mengenai "permainan Covid" dan "permainan pembukaan kembali" minggu ini, dengan berbagai perusahaan berikut melaporkan kinerjanya:

  • Simon Property Group (Senin setelah jam perdagangan)
  • Pfizer (pra-pasar Selasa)
  • Peloton (Selasa setelah jam perdagangan)
  • Lyft (Selasa setelah jam perdagangan)
  • Disney (Rabu setelah jam kerja)
  • Uber (Rabu setelah jam kerja)
  • Twitter (Kamis pra-pasar)
  • AstraZeneca (Kamis pra-pasar)
  • Cloudflare (Kamis setelah jam perdagangan)
  • Expedia Kamis setelah jam perdagangan)

 

3. Laporan pendapatan bagian 2 – efek inflasi

Kisah besar lainnya yang harus diperhatikan sepanjang musim pendapatan ini adalah dampak inflasi terhadap berbagai perusahaan. Kita memiliki perusahaan dari sektor bahan dasar, barang konsumsi dan makanan, dan pelaporan perawatan kesehatan, yang semuanya harusnya bisa menambah gambaran tentang seberapa luas inflasi dan apakah ada tanda-tanda pelonggaran di masa depan, baik terkait jaringan pasokan atau tidak.

Laporan pendapatan perusahaan ini meliputi:

  • Tyson Foods (Senin pra-pasar)
  • Sysco (Selasa pra-pasar)
  • Centene (Selasa pra-pasar)
  • CVS Health Rabu pra-pasar)
  • ArcelorMittal (Kamis pra-pasar)
  • Coca-Cola (Kamis pra-pasar)
  • PepsiCo (Kamis pra-pasar)
  • Cleveland-Cliffs Jumat pra-pasar)
  • Enbridge (Pra-pasar Jumat)

 

4. Perkembangan Rusia/Ukraina

Upaya diplomatik dan manuver militer akan berlanjut antara Rusia dan Ukraina serta negara-negara Barat. Reuters melaporkan bahwa Presiden Prancis Emmanuel Macron akan mengunjungi Rusia untuk berbicara dengan Presiden Vladimir Putin Senin dan Selasa, sementara Washington Post melaporkan bahwa Presiden AS Joe Biden dijadwalkan bertemu dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz pada hari Senin. Kabar ini muncul setelah laporan pengarahan yang diberikan oleh pemerintahan Biden kepada pejabat kongres AS bahwa Rusia telah membangun 70% dari kekuatan yang diperlukan untuk menyerang Ukraina sepenuhnya, meskipun pengarahan itu tidak menegaskan bahwa itu akan menjadi keputusan akhir Rusia.

Ketegangan Ukraina dan kemudian Rusia serta lanskap geopolitik yang lebih luas adalah ha yang signifikan, dan dari perspektif pasar, harga minyak – yang melewati batas $90/penghalang untuk pertama kalinya sejak 2014 karena terus naik baru-baru ini – dan gas alam akan menjadi fokus dan rentan terhadap resolusi atau eskalasi apa pun.

5. Cryptocurrency bangkit kembali

Cryptocurrency menjadi kelas aset yang menghargai pergantian halaman kalender. Setelah kehilangan hampir 20% pada bulan Januari, Bitcoin telah meningkat hampir 8% pada bulan Februari, dan Ethereum telah menguat hampir 12%.

Seperti biasa, pertanyaannya adalah apa yang akan menjadi pendorong peningkatan kinerja harga di sektor ini. Rebound telah waktunya cukup dekat dengan bagian bawah Nasdaq (setidaknya sementara) dari koreksi Januari, menunjukkan bahwa kinerja crypto – dan kemungkinan juga saham teknologi? – hanyalah hasil dari minat atas aset risiko. Dengan bagian lain dari alasan bitcoin, setidaknya, karena penggunaannya sebagai lindung nilai inflasi, laporan IHK mungkin menjadi katalis berikutnya, untuk beranjak lebih tinggi atau lebih rendah.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik