Harga Minyak Kembali Jatuh

07/10/2021, 16:05

Harga minyak turun untuk sesi kedua pada Kamis, di bawah tekanan dari kenaikan tak terduga dalam stok minyak mentah AS yang meningkatkan kekhawatiran atas permintaan setelah harga naik ke level tertinggi multi-tahun.

Minyak mentah AS turun 1.74% menjadi $76,00 per barel pada pukul 15.00 WIB, setelah pasar naik pada hari Rabu ke $79,78, tertinggi sejak November 2014. Minyak mentah Brent kehilangan 1.15%, atau 8 sen, menjadi $80,15 per barel.

"Stok minyak mentah komersial naik ... minggu lalu, menurut data EIA," kata ANZ dalam sebuah catatan. "Stok bensin juga melonjak, meningkatkan kekhawatiran akan melemahnya permintaan."

Persediaan minyak mentah AS naik 2,3 juta barel pekan lalu, Administrasi Informasi Energi AS (EIA) mengatakan, terhadap ekspektasi untuk penurunan sederhana 418.000 barel. Persediaan bensin juga naik, sementara persediaan distilat turun sedikit. 

Harga minyak global telah melonjak lebih dari 50% tahun ini, menambah tekanan inflasi yang dapat memperlambat pemulihan dari pandemi COVID-19 dan berdampak pada permintaan konsumen. Harga gas alam dan batu bara juga naik.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya (OPEC+) mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya akan tetap berpegang pada pakta untuk peningkatan produksi minyak secara bertahap, mengirimkan harga minyak mentah ke tertinggi multi-tahun.

"Pernyataan kelompok produsen bahwa pendekatannya harus mengurangi volatilitas pasar kontras dengan volatilitas yang lebih tinggi yang datang dengan pasar yang lebih ketat, terutama ketika persediaan secara historis rendah," kata analis.

"Pergerakan harga minyak jangka pendek terlihat condong ke atas, mengingat semakin ketatnya pasar dengan pembelian China yang lebih tinggi dan permintaan minyak tambahan dari pasar gas yang sangat ketat untuk sektor listrik."

Keputusan OPEC+ untuk menaikkan produksi minyak secara moderat dan bertahap, terlepas dari lonjakan harga tahun ini, sebagian didorong oleh kekhawatiran bahwa permintaan dan harga dapat melemah, kata sebuha sumber.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading