Bantuan

Preview Jelang Keputusan Bank Of Canada

07/12/2022, 13:25

Bank of Canada akan mengambil keputusan kebijakan moneter pada hari Rabu, 7 Desember dan secara luas diantisipasi untuk menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 bp dari 3,75% saat ini ke 4,25%. Meskipun, seperti yang terjadi pada ekonomi utama lainnya, pengetatan agresif dari tahun 2022 untuk menjinakkan inflasi yang tidak terkendali berisiko pada pelemahan ekonomi. Dalam skenario seperti itu, ada kemungkinan bank akan memilih kenaikan yang lebih kecil sebesar 25 bp dan mengisyaratkan jeda yang akan segera datang.

Di Mana Posisi Kanada?

Inflasi di Kanada tetap tinggi, saat ini berada pada 6,9% YoY. Indeks Harga Konsumen tahunan mencapai puncaknya pada 8,1% pada bulan Juni tahun ini, dan angka terbaru menunjukkan tekanan harga mungkin telah mencapai puncaknya. Namun demikian dan menurut para pengambil kebijakan lokal, "tekanan harga tetap berbasis luas, dengan dua pertiga komponen IHK meningkat lebih dari 5% selama setahun terakhir."

Pada saat yang sama, perekonomian telah menunjukkan tanda-tanda ketahanan yang kuat. Produk Domestik Bruto kuartal ketiga menunjukkan pertumbuhan tahunan sebesar 2,9%, dua kali lipat dari ekspektasi.

Lebih relevan lagi, pengeluaran rumah tangga telah berkontraksi lebih dari yang diantisipasi. Dilihat melalui kacamata inflasi adalah positif tetapi jelas mengangkat peluang pelemahan ekonomi yang lebih curam. Akhirnya, pasar kerja tetap ketat. Banyak posisi yang tersedia masih kekurangan pekerja, yang pada akhirnya, menambah tekanan inflasi.

Keputusan Bank Kanada

Sejak Maret 2022, bank sentral telah menaikkan suku bunga sebesar 350 bp dan mendekati suku bunga terbatas. Potensi kenaikan 50 bp bisa menjadi yang terakhir dari siklus saat ini, sementara langkah 25 bp dapat diikuti oleh langkah lain dengan tingkat yang sama sebelum bank sentral berhenti.

Gubernur Tiff Macklem menjelaskan pada bulan Oktober bahwa perlunya menyeimbangkan risiko kebijakan moneter yang kurang dan terlalu ketat karena ekonomi domestik mulai memudar.

Level-Level USD/CAD yang Perlu Diperhatikan

Pasangan USD/CAD naik menuju ke acara tersebut, sebagian karena kekuatan Dolar AS yang luas dan sebagian lagi karena penurunan harga minyak. Sentimen pasar yang rapuh dapat terus mendukung mata uang Amerika di sesi mendatang, dengan pasangan mata uang ini akan terus naik.

Dolar Kanada dapat jatuh lebih jauh jika bank sentral ini melanjutkan dengan kenaikan kecil sambil mengumumkan bahwa itu akan menjadi yang terakhir untuk saat ini. Di sisi lain, langkah 50 bp ditambah dengan petunjuk setidaknya satu kenaikan lagi dalam agenda dapat memberikan dukungan bagi CAD. Namun, kenaikan bisa berumur pendek dan dengan cepat berbalik.

Dari sudut pandang teknikal, pasangan mata uang ini bullish. Grafik harian menunjukkan bahwa pasangan mata uang ini memantul tajam dari retracement 61,8% dari kenaikan harian yang diukur antara 1,3224 dan 1,3645 di sekitar 1,3385 dan sekarang siap untuk menantang ujung atas kisaran. Penembusan melalui level yang terakhir akan mendukung kelanjutan menuju 1,3690 dalam perjalanan ke 1,3807, level tertinggi bulanan November.

Level support yang kuat adalah retracement 38,2% dari rally yang disebutkan di atas di 1,3480, dengan penembusan di bawahnya mengekspos support Fibonacci relevan berikutnya di 1,3385.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik