Bantuan

Forex Hari Ini, 8 Maret

08/03/2022, 17:20

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Selasa, 8 Maret:

Greenback sedikit melemah terhadap rival utamanya di awal sesi Amerika pada hari Senin tetapi tidak memiliki waktu yang sulit untuk mengumpulkan kembali kekuatannya dengan arus safe-haven tetap mengendalikan pasar. Setelah naik 0,75% pada hari Senin, Indeks Dolar AS tampaknya telah memasuki fase konsolidasi di atas 99,00 pada Selasa pagi.

Data Perubahan Ketenagakerjaan dan PDB kuartal keempat akan ditampilkan dalam kalender ekonomi Eropa menjelang Neraca Perdagangan Barang Januari dan angka Indeks Optimisme Ekonomi IBD/TIPP dari AS.

Setelah putaran ketiga pembicaraan antara delegasi Rusia dan Ukraina pada hari Senin, pihak telah gagal untuk membuat kemajuan dalam mencapai gencatan senjata atau gencatan senjata. Berbicara tentang masalah ini, seorang negosiator Ukraina mencatat bahwa "perkembangan positif kecil" dibuat pada masalah koridor kemanusiaan. Indeks S&P 500 kehilangan hampir 3% pada hari Senin dan indeks saham berjangka AS turun antara 1,2% dan 1,5% di pagi hari Eropa.

Menurut Financial Times, Uni Eropa berencana untuk memotong impor gas Rusia sebesar dua pertiga dalam 12 bulan ke depan. Sementara itu, Reuters melaporkan bahwa AS dapat bertindak sendiri untuk melarang impor minyak Rusia tanpa partisipasi sekutu Eropanya. West Texas Intermediate naik 5% pada hari Senin dan terakhir terlihat naik 2% setiap hari di $122,70.

EUR/USD berada dalam jarak yang menyentuh 1,0800 selama jam perdagangan Eropa pada hari Senin tetapi berhasil menghapus sebagian kecil dari kerugian hariannya. Pasangan ini bergerak sideways dekat 1,0850 Selasa pagi.

GBP/USD kehilangan lebih dari 100 pip pada hari Senin dan berjuang untuk melakukan pemulihan yang berarti pada hari kedua dalam seminggu. Pasangan ini diperdagangkan pada level terendah sejak Oktober 2020 di dekat 1,3100.

USD/JPY ditutup di wilayah positif pada hari Senin dan terus naik lebih tinggi menuju 115,50 pada hari Selasa. Sebelumnya pada hari itu, Gubernur Bank of Japan (BOJ) Haruhiko Kuroda mengatakan bahwa tidak tepat untuk memperketat kebijakan atau menarik stimulus bahkan jika biaya energi dan komoditas mendorong inflasi.

Setelah secara mengejutkan bertahan terhadap dolar minggu lalu, AUD berada di bawah tekanan jual selama jam perdagangan Asia. Australia mengumumkan bahwa mereka akan memberlakukan sanksi baru yang ditargetkan pada Angkatan Bersenjata Federasi Rusia. AUD/USD terakhir terlihat turun 0,5% hari ini di 0,7285.

Emas terus memanfaatkan arus safe-haven dan diperdagangkan di level tertinggi sejak Agustus 2020 di atas $2.010 di awal sesi Eropa.

Bitcoin turun menjadi $ 37.000 pada hari Senin tetapi melakukan pemulihan sederhana. BTC/USD diperdagangkan dalam kisaran sempit di atas $38.000. Setelah membukukan kerugian dalam dua hari sebelumnya, Ethereum tetap relatif tenang dan mempertahankan kenaikan harian moderat di dekat $2.500 pada hari Selasa.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik