Bantuan

Forex Hari Ini, 8 Juni

08/06/2022, 16:00

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Rabu, 8 Juni:

Dolar berjuang untuk menemukan permintaan di tengah membaiknya suasana pasar pada hari Selasa tetapi benchmark imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun mengklaim kembali 3% pada awal Rabu, membantu mata uang tetap relatif tangguh terhadap para pesaingnya. Eurostat akan merilis angka Produk Domestik Bruto (PDB) kuartal pertama untuk kawasan euro. Akan ada lelang catatan Treasury AS 10 tahun di kemudian hari dan Biro Sensus AS akan menerbitkan data Inventaris Grosir. Menjelang pengumuman kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) pada hari Kamis dan data inflasi AS pada hari Jumat, tindakan perdagangan dapat tetap tenang.

Dengan tidak adanya rilis data berdampak tinggi, indeks utama Wall Street mencatatkan kenaikan kuat pada hari Selasa. Indeks saham berjangka AS, bagaimanapun, turun antara 0,3% dan 0,4% pada awal Rabu, menunjukkan suasana pasar yang hati-hati sejauh ini pada hari ini. Indeks Dolar AS, yang melacak kinerja greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama, membukukan kenaikan moderat di dekat 102,50.

Reserve Bank of India mengumumkan pada hari Rabu bahwa mereka menaikkan suku bunga repo utamanya sebesar 50 basis poin menjadi 4,9% sementara membiarkan suku bunga repo cadangan tidak berubah pada 3,35%. USD/INR kembali ke 77,70 setelah awalnya melonjak ke 77,95.

Sehari menjelang rilis data neraca perdagangan China, Wakil Menteri Perdagangan China mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa importir dan eksportir masih berada di bawah tekanan karena masalah logistik dan kenaikan harga bahan.

EUR/USD turun ke level terendah lima hari di 1,0652 pada hari Selasa tetapi berhasil memulihkan penurunannya. Pasangan ini diperdagangkan sedikit di bawah 1,0700 di sesi Eropa.

GBP/USD berakhir ditutup di wilayah positif didukung oleh aliran risiko pada hari Selasa setelah turun ke terendah multi-minggu di bawah 1,2500. Pasangan ini terakhir terlihat mengkonsolidasikan kenaikannya di bawah 1,2600.

USD/JPY diperdagangkan pada level tertinggi dalam 20 tahun di atas 133,00. Data dari Jepang menunjukkan bahwa PDB berkontraksi pada laju tahunan 0,5% pada kuartal pertama. Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda mencatat pada hari Rabu bahwa ia menarik pernyataannya tentang penerimaan rumah tangga terhadap kenaikan harga. "Pelemahan yen yang cepat dalam waktu singkat seperti yang terlihat baru-baru ini tidak diinginkan," tambah Kuroda tetapi komentar ini gagal membantu yen menemukan permintaan.

Emas mengambil keuntungan dari mundurnya imbal hasil obligasi T AS pada hari Selasa dan menghentikan penurunan beruntun dua hari. XAU/USD tampaknya telah stabil di dekat $1.850 di sesi Eropa.

Bitcoin terus melemah setelah membukukan kerugian harian kecil pada hari Selasa dan terakhir terlihat kehilangan 2% hari ini di $3.500. Ethereum tetap berada di belakang dan diperdagangkan dalam jarak menyentuh $ 1.800.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik