Bantuan

Preview Jelang NFP AS

08/07/2022, 16:05

Secara historis, seberapa besar dampak laporan pekerjaan AS terhadap valuasi emas? Dalam artikel ini, kami menyajikan hasil dari sebuah studi di mana kami menganalisis reaksi pasangan XAUUSD terhadap 23 NFP sebelumnya*.

Kami menyajikan temuan kami saat Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS) bersiap-siap untuk merilis laporan lapangan pekerjaan bulan Juni pada hari Jumat, tanggal 8 Juli. Ekspektasinya adalah kenaikan 270.000 dalam Nonfarm Payrolls menyusul kenaikan 390.000 di bulan Mei.

Metodologi

Kami memplot reaksi harga emas terhadap rilis NFP pada interval 15 menit, satu jam dan empat jam setelah rilis. Kemudian kami membandingkan reaksi harga emas dengan deviasi antara hasil rilis NFP aktual dan hasil yang diharapkan.

Kami menggunakan Kalender Ekonomi FXStreet untuk data deviasi karena menetapkan titik deviasi untuk setiap rilis data makroekonomi untuk menunjukkan seberapa besar divergensi antara cetakan aktual dan konsensus pasar. Misalnya, data NFP bulan Agustus (2021) meleset dari ekspektasi pasar sebesar 750.000 dengan selisih yang lebar dan deviasinya -1,49. Di sisi lain, NFP Februari (2021) yang mencetak 536.000 terhadap ekspektasi pasar 182.000 merupakan kejutan positif dengan deviasi membukukan 1,76 untuk rilis khusus tersebut. Data NFP yang lebih baik dari perkiraan dipandang sebagai perkembangan positif USD dan sebaliknya.

Akhirnya, kami menghitung koefisien korelasi (r) untuk mengetahui pada kerangka waktu mana emas memiliki korelasi terkuat dengan kejutan NFP. Ketika r mendekati -1, hal ini menunjukkan adanya korelasi negatif yang signifikan, sementara korelasi positif yang signifikan diidentifikasi ketika r bergerak menuju 1. Karena emas didefinisikan sebagai XAU/USD, pembacaan NFP yang optimis akan menyebabkannya lebih rendah dan menunjukkan korelasi negatif.

Hasil

Ada 12 kejutan NFP negatif dan 11 kejutan NFP positif dalam 23 rilis sebelumnya, tidak termasuk data untuk Maret 2021. Rata-rata, deviasi adalah -0,86 pada data yang mengecewakan dan 0,58 pada angka yang kuat. 15 menit setelah rilis, emas bergerak naik rata-rata $3,97 jika pembacaan NFP tidak sesuai dengan konsensus pasar. Di sisi lain, emas turun rata-rata $1,75 pada kejutan positif. Temuan ini menunjukkan bahwa reaksi langsung para investor cenderung lebih signifikan terhadap hasil cetak yang mengecewakan.

Namun, koefisien korelasi yang kami hitung untuk kerangka waktu berbeda yang disebutkan di atas bahkan tidak mendekati signifikan. Korelasi negatif terkuat terlihat 15 menit setelah rilis dengan r berada pada -0,49. Satu jam setelah rilis, korelasinya melemah dengan r naik menjadi -0,31 dan hampir tidak ada korelasi untuk dibicarakan saat empat jam setelah rilis dengan r mendekati 0.

Beberapa faktor bisa ikut bermain untuk melemahkan korelasi emas dengan kejutan NFP. Beberapa jam setelah rilis NFP pada hari Jumat, para investor dapat melihat untuk membukukan keuntungan mereka menuju penetapan di pasar London, menyebabkan emas berbalik arah setelah reaksi awal. Selain itu, para pengambil kebijakan FOMC menjelaskan bahwa mereka akan tetap fokus pada penjinakan inflasi dan bahwa mereka tidak khawatir terhadap pasar tenaga kerja, yang mungkin menyebabkan reaksi pasar terhadap NFP utama tetap berumur pendek.

 

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik