Forex Hari Ini, 8 November

08/11/2021, 14:50

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Senin, 8 November:

Indeks Dolar AS menarik diri dari tertinggi 2021 yang ditetapkan di 94,62 pada hari Jumat tetapi berhasil menutup minggu kedua berturut-turut di wilayah positif, didukung oleh laporan pekerjaan Oktober yang optimis. Dengan tidak adanya rilis data makroekonomi tingkat tinggi, pasar memulai minggu baru dengan tenang dan investor akan mengawasi pembicara bank sentral pada hari Senin. Ketua FOMC Jerome Powell akan menyampaikan pidato pembukaan pada konferensi virtual bertajuk 'Gender and the Economy Conference'.

Presiden Federal Reserve New York John Williams, Wakil Ketua Fed Richard Clarida, Gubernur Fed Bowman dan Gubernur Bank of England (BoE) Andrew Bailey juga akan berbicara di kemudian hari.

Pada hari Jumat, Biro Statistik Tenaga Kerja AS mengumumkan bahwa Nonfarm Payrolls (NFP) naik 531.000 pada Oktober, melampaui ekspektasi pasar 425.000. Indeks utama Wall Street mengakhiri minggu di tertinggi baru sepanjang masa tetapi indeks saham berjangka AS turun antara 0,15% dan 0,35% di awal sesi Eropa pada hari Senin.

Sementara itu, imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun, yang kehilangan hampir 10% di paruh kedua minggu ini, mencoba untuk melakukan rebound menuju 1,5%. Jumat malam, Demokrat AS meloloskan RUU infrastruktur senilai $ 1 triliun.

EUR/USD tampaknya telah memasuki fase konsolidasi sedikit di atas pertengahan 1,1500-an setelah turun menuju 1,1500 pada hari Kamis. Keyakinan Investor Sentix untuk bulan November akan ditampilkan dalam kalender ekonomi Eropa.

GBP/USD menderita kerugian besar menyusul keputusan BoE untuk mempertahankan suku bunga kebijakannya tidak berubah minggu lalu. Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg TV, Gubernur Bailey mengatakan bahwa bukan tugas mereka untuk memandu pasar keuangan mengenai suku bunga. Dengan tidak adanya acara BoE, investor akan mengalihkan perhatian mereka ke berita utama seputar pembicaraan Brexit.

USD/JPY beringsut lebih rendah di tengah penurunan imbal hasil obligasi-T AS di paruh kedua minggu sebelumnya dan tetap relatif tenang di sekitar pertengahan 113,00 pada hari Senin. 'Ringkasan Opini' Bank of Japan dari pertemuan kebijakan Oktober menunjukkan bahwa pelemahan JPY baru-baru ini merupakan cerminan dari perbedaan inflasi, sikap kebijakan moneter antara Jepang dan negara-negara lain.

Emas memanfaatkan penurunan imbal hasil obligasi-T AS dan menembus di atas beberapa level resistensi utama untuk mengakhiri minggu di level terkuatnya sejak awal September di dekat $1.820. XAU/USD terlihat akan memperpanjang relinya karena indikator teknis menunjukkan pergeseran bullish dalam prospek jangka pendek.

Cryptocurrency: Setelah fase konsolidasi dua minggu di atas $60.000, Bitcoin mendapatkan kembali daya tariknya dan menembus di atas $65.000 pada hari Senin. Tertinggi sepanjang masa untuk BTC berada di $67.000. Ethereum mempertahankan momentum bullishnya di awal minggu dan diperdagangkan di atas $4.700.

 

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik