Forex Hari Ini, 9 Juni

09/06/2022, 14:40

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Kamis, 9 Juni:

Pasar tetap tenang Kamis pagi dan pasangan mata uang utama terus berfluktuasi dalam kisaran yang sudah dikenal menjelang pengumuman kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) yang sangat dinanti. Presiden ECB Christine Lagarde akan menyampaikan sambutannya tentang prospek kebijakan dan menjawab pertanyaan mulai pukul 12:30 GMT. Klaim Pengangguran Awal mingguan Departemen Tenaga Kerja AS akan menjadi satu-satunya data unggulan dalam kalender ekonomi AS di kemudian hari.

ECB secara luas diperkirakan akan mengumumkan berakhirnya Program Pembelian Aset (APP) dan mengkonfirmasi kenaikan suku bunga pada bulan Juli. Meninjau pertemuan ECB, "proyeksi ekonomi bank sentral akan diwaspadai, mengingat kenaikan suku bunga Juli sudah terjadi," kata Analis FXStreet Dhwani Mehta. "Di tengah risiko resesi yang menjulang, dalam menghadapi biaya energi yang lebih tinggi dan krisis rantai pasokan, penurunan peringkat ke perkiraan pertumbuhan kawasan euro tidak akan turun dengan baik dengan pasar EUR jika ECB menaikkan perkiraan inflasinya."

Indeks Dolar AS bergerak sideways di dekat 102,50 untuk hari ketiga berturut-turut pada hari Kamis dan imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun bertahan dengan nyaman di atas 3%. Indeks saham berjangka AS diperdagangkan dengan kerugian kecil di awal sesi Eropa, menunjukkan suasana pasar yang hati-hati. Sebelumnya pada hari itu, kota Beijing dilaporkan menangguhkan operasi semua tempat hiburan di Distrik Chaoyang mulai Kamis karena penahanan COVID.

Sementara itu, Menteri Keuangan AS Janet Yellen menegaskan kembali bahwa pemerintahan Presiden AS Joe Biden ingin membuat tarif barang-barang China lebih "strategis" tetapi komentar ini tidak banyak berdampak pada sentimen risiko. Selama sesi Asia, data dari China mengungkapkan bahwa surplus perdagangan melebar menjadi $78,76 miliar dalam 12 bulan hingga Mei dari $55,12 miliar. Cetakan ini melampaui ekspektasi pasar sebesar $58 miliar dengan selisih yang lebar. Selanjutnya, ekspor China melonjak 15,3% bulan lalu, dibandingkan dengan perkiraan analis sebesar 3,1%.

EUR/USD naik ke 1,0750 pada hari Rabu tetapi akhirnya menutup hari datar di dekat 1,0720. Pasangan ini bergerak naik dan turun dalam kisaran sempit di dekat level itu Kamis pagi.

Pratinjau ECB: Beli rumor Juli, jual fakta dan tiga skenario lain untuk EUR/USD.

GBP/USD beringsut lebih rendah pada hari Rabu setelah rebound dua hari dan tetap tenang di atas 1,2500 pada pagi Eropa pada hari Kamis.

USD/JPY berbelok ke selatan dan turun di bawah 134,00 setelah menyentuh level tertinggi dalam dua dekade di 134,54 pada hari Rabu. Kepala misi Dana Moneter Internasional (IMF) Jepang, Ranil Salgado, mengatakan pada hari sebelumnya bahwa yen Jepang yang lemah akan membantu Bank of Japan (BOJ) mencapai target inflasinya tetapi juga akan berdampak negatif pada rumah tangga.

Emas gagal membuat langkah yang menentukan di kedua arah pada hari Rabu dan ditutup datar di dekat $1.850. XAU/USD memperpanjang pergerakan sideways di dekat level itu meskipun imbal hasil obligasi Treasury AS meningkat.

Bitcoin kehilangan 3% pada hari Rabu tetapi berhasil bertahan di atas level kunci $30.000. Ethereum terus diperdagangkan mendekati $1.800 setelah mencatat kerugian kecil dalam dua hari sebelumnya.

 

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman