Dunia Berpotensi Lockdown, Harga Minyak Rontok

09/08/2021, 10:30

Harga minyak dunia jatuh pada perdagangan Senin pagi ini. Persepsi kelesuan permintaan akibat pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) membuat harga si emas hitam rontok.

Pada Senin (9/8/2021) pukul 08:22 WIB, harga minyak jenis brent tercatat US$ 69,41/barel. Anjlok 1,82% dibandingkan posisi akhir pekan lalu.

Sedangkan yang jenis brent harganya US$ 67/barel. Ambles 1,87%.

"Harga minyak saat ini adalah cerminan dari apa yang sedang kita hadapi. Virus corona varian delta mulai memukul dan membuat pelaku pasar tidak berani mengambil risiko. Ini terjadi di semua pasar, tidak hanya minyak," kata analis.

Virus corona varian delta, yang jauh lebih mudah menular ketimbang varian sebelumnya, membuat pasien positif corona di seluruh negara kembali melonjak. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan, jumlah pasien positif corona di seluruh negara per 6 Agustus 2021 sudah lebih dari 200 juta orang, tepatnya 200.840.180 orang. Bertambah 635.150 orang dari hari sebelumnya.

Dalam sepekan terakhir, rata-rata pasien positif bertambah 599.727 orang per hari. Naik dibandingkan rerata tujuh hari sebelumnya yaitu 583.086 orang setiap harinya.

Virus corona varian delta, yang kali pertama ditemukan di India, sudah menyebar ke lebih dari 100 negara. Termasuk ke negara-negara konsumen minyak terbesar seperti Amerika Serikat (AS) dan China.

"Kasus positif akan naik sebelum nantinya turun lagi. Pandemi akan sangat dirasakan oleh mereka yang belum divaksinasi," kata Joesph 'Joe' Biden, Presiden AS, seperti diberitakan Reuters.

Sementara di China, tambahan kasus positif pada akhir pekan lalu adalah 124 orang. Ini adalah yang tertinggi sejak akhir Juli 2021.

Jika kondisi terus memburuk, maka buka tidak mungkin AS dan China kembali memberlakukan kebijakan karantina wilayah alias lockdown. Kalau lockdown sampai terjadi, aktivitas dan mobilitas masyarakat bakal berkurang drastis sehingga menurunkan permintaan energi. So, tidak heran harga minyak jatuh pagi ini.

Promosi

Scroll ke atas
bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading