Fokus Minggu Ini, 9 - 13 Agustus

09/08/2021, 12:10

Dengan latar belakang peningkatan kasus pandemi virus corona, data ekonomi utama AS dalam minggu ini adalah laporan inflasi harga konsumen dan produsen. Investor akan memantau dengan cermat petunjuk tentang seberapa cepat Federal Reserve dapat mulai mengurangi stimulus.

Ada juga beberapa pejabat Fed yang dijadwalkan menyampaikan pendapatnya selama minggu ini dan komentar mereka dapat membantu memperjelas posisi Fed atas kebijakan tapering. Laporan pendapatan akan terus berlanjut tetapi jumlahnya akan lebih sedikit jelang mendekatnya akhir musim laporan keuangan. Sementara itu, Bitcoin bergerak di sekitar level tertinggi dua bulan dan Inggris akan merilis data pertumbuhan kuartal II. Inilah yang perlu Anda ketahui untuk memulai minggu Anda.

Angka inflasi

Indeks harga konsumen AS dan indeks harga produsen yang dirilis Rabu dan Kamis, masing-masing akan memberikan wawasan tentang laju inflasi saat ini, salah satu faktor utama bersama dengan pasar tenaga kerja, yang dicermati Fed saat menyampaikan keputusan kebijakan moneternya.

IHK AS diperkirakan sedikit moderat setelah bulan lalu melonjak sebesar 0,9%, kenaikan terkuat sejak Juni 2008. The Fed mengatakan lonjakan inflasi saat ini hanya sementara, tetapi sentimen pasar telah terdampak akibat kekhawatiran inflasi yang lebih tinggi yang mengakibatkan penurunan tiba-tiba tapering.

Laporan ketenagakerjaan nonpertanian AS yang lebih kuat dari perkiraan pada hari Jumat adalah yang terakhir sebelum dimulainya pertemuan tahunan The Fed di Jackson Hole, Wyoming, pada akhir bulan untuk membahas kebijakan dan memutuskan strategi stimulus di masa depan.

Angka pekerjaan yang optimis ditambah dengan data inflasi yang kurang nyaman dapat mendorong pejabat Fed untuk segera mengumumkan rencana memulai pengurangan pembelian obligasi setelah September, langkah pertama menuju kenaikan suku bunga.

Fedspeak

Beberapa pejabat Fed akan tampil di hadapan publik dalam minggu ini. Yakni, termasuk Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic dan kepala Fed Richmond Thomas Barkin pada hari Senin, Presiden Fed Chicago Charles Evans pada hari Selasa dan Presiden Fed Kansas City Esther George pada hari Rabu.

Bostic dan Barkin dikenal condong ke arah tapering sehingga komentar mereka akan diawasi dengan cermat.

Batas yang ditetapkan Fed untuk mengurangi program pembelian obligasi - "kemajuan lebih lanjut yang substansial" menuju inflasi 2% Fed dan tujuan pekerjaan penuh - tidak pernah didefinisikan secara tepat.

Pada bulan Juni para pejabat Fed mulai memperdebatkan seberapa cepat bank sentral dapat mulai melonggarkan kembali dukungan daruratnya untuk ekonomi bahkan di tengah munculnya varian Delta virus corona yang mengancam pertumbuhan.

Musim laporan keuangan mendekati akhir

Pendapatan akan berlanjut di minggu ini, tetapi jumlah perusahaan yang melaporkannya akan berkurang karena musim pendapatan akan mendekati akhirnya.

Beberapa perusahaan yang akan merilis kinerja keuangannya yaitu AMC Entertainment, SoftBank, Coinbase, Sysco, Chesapeake Energy, eBay, Wendy's, Lordstown Motors, Walt Disney, dan Airbnb.

Ini merupakan musim pendapatan yang luar biasa – dari 427 perusahaan S&P 500 yang telah melaporkan pendapatan sejauh ini, 87,6% mengalahkan ekspektasi analis, rekor tertinggi menurut data Reuters.

Bitcoin bergerak naik seiring pulihnya sentimen

Bitcoin naik ke level tertinggi dalam dua bulan pada hari Minggu sejalan dengan pulihnya sentimen pasar tetapi tampak masih rapuh. Mata uang digital sempat mencapai $45.284, level tertinggi sejak pertengahan Juni.

“Suasana optimisme tampaknya telah kembali ke pasar cryptocurrency,” kata analis pada hari Jumat. “Bitcoin memimpin sementara Ethereum terus memperoleh keuntungan” setelah peningkatan jaringannya. Namun, tambahnya, “turbulensi yang telah kita lihat di pasar crypto selama beberapa minggu terakhir kemungkinan belum berakhir.”

Salah satu area ketidakpastian bagi investor crypto adalah RUU infrastruktur AS yang saat ini tengah digodok di Kongres AS, yang berisi ketentuan pajak cryptocurrency, diajukan pada menit terakhir.

PDB Inggris

Inggris akan merilis angka pertumbuhan PDB Juni pada hari Kamis. Data Juni ini akan menambah daftar data yang sudah dirilis, memberikan gambaran lengkap tentang bagaimana kinerja ekonomi pada kuartal II. Dengan pelonggaran pembatasan, para ekonom memperkirakan ekonomi telah pulih sekitar 5% setelah mengalami kontraksi pada awal tahun.

Promosi

Scroll ke atas
bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading