Bantuan

Forex Hari Ini, 9 September

09/09/2022, 15:00

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Jumat, 9 September:

Dolar berada di bawah tekanan jual baru selama jam perdagangan Asia pada hari Jumat dan Indeks Dolar AS turun ke level terendah di bawah 109,00. Dengan tidak adanya rilis data makroekonomi tingkat tinggi menjelang akhir pekan, komentar dari bank sentral akan diawasi ketat oleh pelaku pasar. Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde akan berbicara pada pukul 16.30 WIB. Sebelum The Fed memasuki periode pemadaman, Presiden Fed Chicago Charles Evans, Gubernur Fed Christopher Waller dan Presiden Fed Kansas City Esther George akan menyampaikan pidato.

Lingkungan pasar yang berisiko positif tampaknya membebani greenback pada hari perdagangan terakhir dalam seminggu. Shanghai Composite Index naik hampir 1% menjelang akhir minggu dan indeks saham berjangka AS naik antara 0,3% dan 0,5%. Sementara itu, imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun tetap relatif tenang di sekitar 3,3%. Sebelumnya pada hari itu, data dari China menunjukkan bahwa Indeks Harga Konsumen (CPI) tiba di -0,1% pada bulan Agustus.

Pada hari Kamis, Ketua FOMC Jerome Powell menegaskan kembali komitmen mereka untuk melakukan apa yang diperlukan untuk memerangi inflasi. "Sejarah memperingatkan agar tidak melonggarkan kebijakan sebelum waktunya," catat Powell dan kemungkinan kenaikan suku bunga 75 basis poin pada bulan September, seperti yang ditunjukkan oleh Alat FedWatch CME Group, naik di atas 80%. Pada nada yang lebih netral, Presiden Fed Chicago Evans mengatakan bahwa dia berpikiran terbuka pada kenaikan 50 atau 75 bps pada pertemuan kebijakan berikutnya.

Menyusul aksi jual yang disaksikan selama konferensi pers Presiden ECB Lagarde, EUR/USD berbalik arah dan naik menuju 1,0100. Seperti yang diharapkan, ECB mengumumkan bahwa mereka menaikkan suku bunga kebijakannya sebesar 75 bps pada hari Kamis. Mengomentari prospek kebijakan, Lagarde mengatakan dia tidak tahu berapa tarif terminal dan menjelaskan bahwa mereka akan mengambil langkah pengetatan yang diperlukan untuk mencapai target inflasi jangka menengah 2%. "Kami pikir perlu beberapa kali pertemuan untuk sampai ke sana," Lagarde menjelaskan lebih lanjut. "Beberapa orang akan bertanya berapa banyak? Yah, mungkin lebih dari dua termasuk yang ini tetapi mungkin juga kurang dari lima."

GBP/USD mengakhiri sesi bergejolak Kamis dengan penurunan kecil di 1,1500 sebelum mengumpulkan momentum bullish awal Jumat. Pasangan ini terakhir terlihat naik lebih dari 0,8% hari ini di 1,1595. Perdana Menteri Inggris Liz Truss mengumumkan pada hari Kamis bahwa pemerintah akan memperkenalkan "jaminan harga energi" dua tahun dan menjelaskan bahwa rumah tangga biasa akan membayar tidak lebih dari £2.500 setahun untuk tagihan energi.

USD/CAD menutup hari kedua berturut-turut di wilayah negatif pada hari Kamis dan memperpanjang penurunannya menuju 1,3000 awal Jumat. Statistics Canada akan merilis laporan pekerjaan Agustus nanti di sesi ini. Investor mengharapkan Tingkat Pengangguran naik lebih tinggi menjadi 5% dari 4,9% dan melihat Perubahan Bersih dalam Ketenagakerjaan tiba di +15.000.

Setelah mencatat kenaikan yang mengesankan di paruh pertama minggu ini, USD/JPY membukukan penurunan kecil pada hari Kamis tetapi berbalik ke selatan pada hari Jumat. Menteri Keuangan Jepang Shunichi Suzuki mengulangi pada hari Jumat bahwa mereka mengamati dengan cermat pergerakan di pasar valuta asing dan mencatat bahwa mereka tidak akan mengesampingkan opsi apa pun. Pada saat berita ini dimuat, USD/JPY turun lebih dari 100 pips hari ini di 142,75.

Emas berfluktuasi liar di kedua arah pada hari Kamis tetapi menutup hari di zona merah. Dengan imbal hasil obligasi-T AS berjuang untuk terus meregang lebih tinggi, XAU/USD memperoleh daya tarik dan terakhir terlihat membukukan kenaikan harian yang kuat di atas $1.720.

Bitcoin memperoleh kembali $20.000 selama jam perdagangan Asia pada hari Jumat dan memperpanjang reli melampaui $20.500 ke sesi Eropa. Ethereum mengumpulkan momentum bullish pada Jumat pagi dan naik di atas $1.700 untuk pertama kalinya dalam dua minggu.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik