Bantuan

Forex Hari Ini, 11 Maret

11/03/2022, 15:35

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Jumat, 11 Maret:

Pada hari Kamis, greenback mengumpulkan kekuatannya pada penghindaran risiko dan data inflasi yang panas, dan Indeks Dolar AS (DXY) menghentikan penurunan beruntun dua hari. Investor tampaknya telah berubah berhati-hati Jumat pagi setelah menteri luar negeri Rusia dan Ukraina gagal membuat kemajuan dalam gencatan senjata.

Di kemudian hari, Indeks Sentimen Konsumen awal Universitas Michigan untuk bulan Maret akan menjadi satu-satunya data yang ditampilkan dalam kalender ekonomi AS . Statistics Canada akan merilis laporan pekerjaan Februari juga.

Setelah pertemuan dengan timpalannya dari Ukraina Dmytro Kuleba, menteri luar negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan bahwa mereka telah menyampaikan persyaratan Rusia untuk mengakhiri konflik dan menegaskan kembali bahwa mereka ingin Ukraina netral. Sebagai tanggapan, "kita tidak dapat menghentikan perang jika negara yang memulai agresi tidak memiliki keinginan untuk menghentikannya," kata Kuleba.

Sementara itu, menteri pertahanan Inggris mengatakan pada hari Jumat bahwa Rusia kemungkinan akan memposisikan kembali pasukannya untuk aktivitas ofensif baru dalam beberapa hari mendatang.

Indeks S&P 500 kehilangan 0,43% pada hari Kamis dan DXY naik lebih dari 0,5%. Pada awal sesi Eropa, indeks saham berjangka AS diperdagangkan datar.

Bank Sentral Eropa (ECB) mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka membiarkan suku bunga utama tidak berubah seperti yang diharapkan. Secara mengejutkan, bank mengatakan akan mengakhiri Program Pembelian Aset (APP) pada kuartal ketiga daripada pada akhir tahun seperti yang direncanakan semula. Reaksi awal terhadap keputusan ini memberikan dorongan pada mata uang bersama tetapi komentar hati-hati Presiden ECB Christine Lagarde tentang prospek ekonomi dan inflasi menyebabkan euro kehilangan minat.

Setelah naik ke tertinggi mingguan di atas 1,1100 pada hari Kamis, EUR/USD kehilangan daya tariknya dan ditutup jauh di wilayah negatif. Pasangan ini tetap relatif tenang di dekat 1,1000 Jumat pagi. Data dari Jerman menunjukkan bahwa Indeks Harmonisasi Harga Konsumen tahunan adalah 5,5% di bulan Februari, sesuai dengan perkiraan awal.

GBP/USD menyentuh level terendah sejak November di 1,3071 pada hari Jumat sebelum melakukan pemulihan menuju 1,3100. Kantor Statistik Nasional Inggris mengumumkan pada hari Jumat bahwa ekonomi Inggris tumbuh sebesar 0,8% pada basis bulanan di bulan Januari, dibandingkan dengan ekspektasi pasar sebesar 0,2%.

Terlepas dari lingkungan pasar yang menghindari risiko, emas gagal mengumpulkan momentum bullish pada hari Kamis dan berada di bawah tekanan bearish baru pada hari Jumat. Imbal hasil obligasi Treasury AS yang meningkat setelah data inflasi AS yang panas tampaknya membebani XAU/USD, yang terakhir turun 0,7% setiap hari di $1.982, menjelang akhir pekan.

USD/CAD mencatat penurunan dalam dua hari sebelumnya dan tetap datar di bawah 1,2800 Jumat pagi. Tingkat Pengangguran di Kanada diperkirakan turun menjadi 6,2% di Februari dari 6,5% di Januari.

Bitcoin kehilangan 6% pada hari Kamis dan tetap tertinggal di depan Jumat pagi. BTC/USD terakhir terlihat kehilangan hampir 1% setiap hari di $39.100. Ethereum memperpanjang penurunannya menuju $2.500 setelah kehilangan lebih dari 4% pada hari Kamis.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik