Defisit Anggaran New Zealand Menyusut

12/10/2021, 10:55

Pemerintah Selandia Baru pada hari Selasa melaporkan peningkatan yang nyata dalam keuangannya berkat pemulihan yang sangat cepat untuk ekonominya, meskipun wabah virus corona baru sejak itu agak mengaburkan prospek.

Departemen Keuangan Selandia Baru mengatakan memiliki defisit anggaran NZ$4,6 miliar ($3,2 miliar) pada tahun yang berakhir Juni 2021, dibandingkan dengan perkiraan defisit NZ$15,1 miliar hanya beberapa bulan lalu di bulan Mei.

Pendapatan lebih tinggi dan pengeluaran lebih rendah dari yang diperkirakan karena aktivitas ekonomi rebound kuat dan pengangguran turun jauh lebih cepat dari yang diharapkan.

Itu memungkinkan pemerintah untuk meminjam kurang dari yang direncanakan sehingga utang inti bersih berjumlah 30% dari produk domestik bruto, bukannya 34% yang diperkirakan semula dalam anggaran 2020/21.

Menteri Keuangan Grant Robertson mengatakan tahun ini akan dipengaruhi oleh wabah varian Delta baru-baru ini yang telah memaksa kota terbesar di negara itu, Auckland.

"Namun, akun Crown 2020/21 di balik hasil yang solid pada 2019/20 menempatkan Selandia Baru pada posisi yang kuat untuk mendukung pemulihan dan pembangunan sosial dan ekonomi," katanya dalam sebuah pernyataan.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading