Forex Hari Ini, 12 Oktober

12/10/2021, 16:05

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Selasa, 12 Oktober:

Dengan tidak adanya rilis data makroekonomi berdampak tinggi, persepsi risiko menjadi pendorong utama pergerakan pasar di awal minggu. Dengan indeks ekuitas utama di AS berbelok ke selatan setelah menghabiskan beberapa jam pertama sesi di wilayah positif, Indeks Dolar AS mendapatkan kembali daya tariknya dan naik 0,27% pada hari Senin.

Penghindaran risiko menjadi menonjol, sekali lagi, selama jam perdagangan Asia pada hari Selasa karena Nikkei 225 dan Shanghai Stock Exchange keduanya turun lebih dari 1%. Selanjutnya, Survei ZEW - Indeks Sentimen Ekonomi untuk kawasan euro dan Jerman, Indeks Optimisme Bisnis NFIB dan data Lowongan Kerja JOLTS dari AS akan ditampilkan dalam kalender ekonomi. Namun demikian, pelaku pasar kemungkinan akan tetap fokus pada suasana pasar menjelang laporan inflasi utama AS hari Rabu.

Wall Street: S&P 500 kehilangan 0,69% dan Dow Jones Industrial Average turun 0,72% pada hari Senin. Selain laporan pekerjaan yang mengecewakan pada hari Jumat, kekhawatiran baru atas pengembang real estat China yang gagal melakukan pembayaran juga tampaknya telah menyebabkan pelaku pasar mengambil sikap hati-hati. Tertekan oleh penurunan 1,45% dalam Indeks Layanan Komunikasi, Nasdaq Composite yang sensitif terhadap teknologi kehilangan 0,65%. Bank-bank besar AS termasuk Bank of America, JPMorgan Chase dan Citigroup akan melaporkan pendapatan kuartal ketiga akhir pekan ini.

Penguatan USD yang diperbarui di paruh kedua hari ini memaksa pasangan EUR/USD untuk ditutup di wilayah negatif pada hari Senin. Pasangan ini tetap dalam jarak menyentuh dari terendah 15-bulan yang ditetapkan di 1,1529 sambil mengkonsolidasikan penurunannya.

Pasangan USD/JPY naik ke level tertinggi sejak akhir 2018 dan tampaknya telah memasuki fase konsolidasi di atas 113,00 pada hari Selasa. Setelah melonjak lebih dari 10% pada minggu sebelumnya, benchmark imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun menyentuh tertinggi empat bulan di 1,636%, memicu reli USD/JPY.

GBPUSD menunjukkan sedikit atau tidak ada reaksi terhadap laporan ketenagakerjaan Inggris, yang menunjukkan bahwa Tingkat Pengangguran ILO turun tipis menjadi 4,5% pada bulan Agustus, dan terus bergerak sideways di sekitar 1,3600. Rincian lebih lanjut dari publikasi mengungkapkan bahwa Penghasilan Rata-Rata Termasuk Bonus naik 7,2% setiap tahun.

Untuk hari perdagangan kedua berturut-turut, emas berfluktuasi dalam kisaran yang sangat sempit di atas $1.750. Data Indeks Harga Konsumen (CPI) hari Rabu dari AS bisa menjadi katalis utama berikutnya untuk XAU/USD , yang saat ini membukukan penurunan moderat di sekitar $1.760.

AUD/USD dan NZD/USD keduanya berhasil mencatatkan kenaikan pada hari Senin didukung oleh kenaikan harga komoditas, terutama tembaga. 

Cryptocurrency: Bitcoin memperbarui tertinggi multi-bulan  pada awal minggu dan ditutup pada $60.000. Ethereum diperdagangkan mendekati $3.500 pada hari Selasa dan tampaknya mengalami kesulitan menarik investor, yang berfokus pada BTC.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading