Dolar AS Menuju Minggu Terbaiknya

12/11/2021, 14:20

Dolar AS menuju minggu terbaiknya dalam hampir lima bulan terhadap mata uang utama pada hari Jumat, di tengah taruhan untuk kenaikan suku bunga Federal Reserve sebelumnya setelah data minggu ini menunjukkan inflasi AS tercepat dalam tiga dekade.

Indeks dolar , yang mengukur mata uang terhadap enam rekan-rekan, mencapai 16 bulan tinggi dari 95,266, di jalur untuk 1,05% memperoleh minggu ini, terbesar sejak periode yang berakhir 20 Juni.

Euro tergelincir kembali ke level terendah 16-bulan di $1,1436, dan sterling merosot ke $1,3354, level terlemah tahun ini.

"Kami menutup minggu dengan USD benar-benar menembus dan melihat tanda-tanda permainan pembalikan rata-rata yang akan datang dalam USD, tetapi dalam aliran ini, penurunan adalah peluang beli, kata analis".

Data pada hari Rabu menunjukkan kenaikan berbasis luas dalam harga konsumen AS bulan lalu pada laju tahunan tercepat sejak 1990, mempertanyakan pendapat The Fed bahwa tekanan harga akan "sementara" dan memicu spekulasi bahwa pembuat kebijakan akan menaikkan suku bunga lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya. .

Pasar sekarang memperkirakan kenaikan suku bunga pertama pada bulan Juli dan kemungkinan besar kenaikan lainnya pada bulan November.

"Kami masih berpikir harga pasar memiliki ruang untuk menguat lebih lanjut, terutama pada tahun 2023, yang selanjutnya dapat mendukung USD," kata analis.

Sebaliknya, "suku bunga berjangka terlalu agresif dalam menentukan kenaikan suku bunga (Bank Sentral Eropa) untuk tahun depan mengingat pembuat kebijakan ECB tidak beranjak dari panduan ultra‑dovish mereka," memberikan ruang untuk pelemahan euro lebih lanjut, kata analis.

Pedagang akan mengamati pembacaan inflasi dari survei University of Michigan, bersama dengan data lowongan pekerjaan JOLTS di hari global nanti.

Presiden Fed New York John Williams berbicara pada konferensi online, berpotensi menawarkan sekilas tentang bagaimana pembuat kebijakan bereaksi terhadap cetakan inflasi yang panas.

Kepala ekonom Bank Sentral Eropa Philip Lane juga berbicara di panel pada acara terpisah.

Dolar naik setinggi 114,30 yen pada hari Jumat, terkuat sejak 1 November.

Ini menyentuh tertinggi tiga minggu di 0,92295 franc Swiss.

Anggota dewan pengurus Bank Nasional Swiss Andrea Maechler mengatakan pada sebuah acara Kamis malam bahwa franc Swiss tetap diminati karena investasi safe haven dengan ketidakpastian pasar yang meningkat karena pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung.

Dolar Australia yang sensitif terhadap risiko merosot ke level $0,7277 untuk pertama kalinya dalam lebih dari sebulan.

Dolar Selandia Baru turun ke level $0,69965, level yang tidak terlihat sejak 14 Oktober.

Di crypto, bitcoin diperdagangkan tepat di sebelah selatan $65.000, turun dari rekor $69.000 di awal minggu.

Ether berpindah tangan di sekitar $4.800, mendekati puncak sepanjang masa $4.868,79 yang dicapai pada hari Selasa.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik