Forex Hari Ini, 13 Oktober

13/10/2021, 15:15

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Rabu, 13 Oktober:

Pasangan mata uang utama tetap dalam kisaran yang akrab pada hari Selasa karena investor tetap di sela-sela sambil menunggu rilis data berdampak tinggi. Suasana pasar yang suram mempersulit aset sensitif risiko untuk menemukan permintaan tetapi penurunan imbal hasil obligasi Treasury AS membebani dolar. Indeks Dolar AS membukukan kerugian harian moderat di sekitar 94,35 pada saat ini dan imbal hasil obligasi T 10-tahun AS, yang kehilangan 3,5% pada hari Selasa, turun 0,5%.

Data dari AS menunjukkan bahwa Indeks Optimisme Bisnis NFIB turun tipis menjadi 99,1 dari 100,1 pada Agustus dan JOLTS Job Openings turun menjadi 10,3 juta pada Agustus, meleset dari ekspektasi pasar 10,9 juta. Biro Statistik Tenaga Kerja AS akan menerbitkan Indeks Harga Konsumen (CPI) September pada 1230 GMT dan Federal Reserve akan merilis risalah pertemuan kebijakan September pada 1800 GMT. 

Wall Street: Tertekan oleh penurunan lebih dari 1% yang disaksikan dalam Indeks Layanan Komunikasi, S&P 500 kehilangan 0,24% pada hari Selasa dan Nasdaq Composite terhapus 0,15%. Selanjutnya, Dow Jones Industrial Average turun 0,35%. Sementara itu, DPR AS menyetujui undang-undang untuk menaikkan pagu utang sementara hingga awal Desember tetapi perkembangan ini tampaknya tidak berdampak nyata pada sentimen pasar.

Pasangan EUR/USD merosot ke level terlemah sejak Juli 2020 di 1,1524 karena komentar dovish dari pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) terus melukai mata uang bersama. Saat ini, pasangan ini membukukan kenaikan pemulihan moderat di sekitar 1,1550.

GBP/USD berfluktuasi di sekitar 1,3600 untuk hari ketiga berturut-turut pada hari Rabu. Data dari Inggris mengungkapkan bahwa Produksi Industri dan Produksi Manufaktur keduanya berkembang pada kecepatan yang lebih kuat dari yang diharapkan pada bulan Agustus tetapi pelaku pasar menunjukkan sedikit atau tidak tertarik pada data ini.

USD/JPY kehilangan momentum bullishnya karena penurunan imbal hasil obligasi Treasury AS tetapi tetap dalam jarak menyentuh dari tertinggi 34-bulan yang ditetapkan di 113,80 pada hari Selasa.

Harga minyak mentah tetap dalam fase konsolidasi menyusul kenaikan mengesankan yang terlihat di awal minggu. Barel West Texas Intermediate tetap relatif tenang di atas $80 menjelang Perubahan Saham Minyak Mentah mingguan EIA pada hari Kamis.

Emas berhasil ditutup di wilayah positif pada hari Selasa dan bertahan di atas $1.760 di awal sesi Eropa pada hari Rabu. Namun demikian, XAU/USD mungkin perlu menembus kisaran $1.750-70 untuk menarik investor. 

Cryptocurrency: Bitcoin memperpanjang koreksi teknisnya dan kehilangan lebih dari 2% pada hari Selasa. Saat ini, BTC sedang menguji $55.500. Sementara itu, Ethereum dan Ripple keduanya diperdagangkan di wilayah negatif. Dalam Laporan Stabilitas Keuangan Global yang baru-baru ini diterbitkan, Dana Moneter Internasional menyarankan agar negara berkembang tidak mengadopsi mata uang digital 

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

bell

Berlangganan notifikasi

Teruslah terupdate dengan segala perubahan pasar, dapatkan beragam berita dan sinyal trading