Forex Hari Ini, 15 Oktober

15/10/2021, 14:55

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Jumat, 15 Oktober:

Aliran risiko dan penurunan imbal hasil obligasi Treasury AS memaksa greenback untuk tetap lemah pada hari Kamis. Dengan benchmark imbal hasil T-bond AS 10-tahun bertahan di atas level kritis 1,5%, dolar tetap tangguh di awal sesi Eropa pada hari Jumat karena investor menunggu laporan Penjualan Ritel September dan Indeks Sentimen Konsumen Oktober awal Universitas Michigan (UoM).

Data Makro: Biro Statistik Tenaga Kerja AS melaporkan pada hari Kamis bahwa Indeks Harga Produsen (PPI) naik menjadi 8,6% secara tahunan di bulan September dari 8,3% di bulan Agustus. Sementara itu, Klaim Pengangguran Awal mingguan turun ke level terendah sejak Maret 2019 di 293.000.

Penjualan Ritel pada bulan September di AS diperkirakan turun sebesar 0,2% sementara kepercayaan konsumen diperkirakan akan sedikit meningkat dalam perkiraan awal Oktober. Neraca Perdagangan Agustus akan ditampilkan dalam kalender ekonomi Eropa pada hari Jumat.

Wall Street: Didorong oleh angka pendapatan kuartal ketiga yang optimis dan data AS yang kuat, indeks S&P 500 dan Dow Jones Industrial Average masing-masing naik 1,7% dan 1,5%. 

Emas berhasil membangun kenaikan yang mengesankan pada hari Rabu dan naik ke tertinggi bulanan $1.800 pada hari Kamis tetapi tampaknya telah kehilangan momentum bullishnya. XAU/USD saat ini bergerak sideways di sekitar $1.790.

EUR/USD ditutup tidak berubah di sekitar 1,1600 pada hari Kamis dan terus bergerak menyamping di atas level tersebut. Kecuali jika pasangan mundur di bawah 1,1575 pada akhir hari, itu akan menghentikan penurunan beruntun lima minggu.

GBP/USD naik ke tertinggi multi-minggu di atas 1,3700 pada hari Kamis tetapi tampaknya telah memasuki fase konsolidasi di bawah level tersebut. Investor tetap fokus pada berita utama Brexit.

USD/JPY memperbarui tertinggi multi-tahun di atas 114,00 karena safe-haven JPY berjuang untuk menemukan permintaan meskipun imbal hasil obligasi Treasury AS jatuh.

Cryptocurrency: Setelah koreksi kecil pada hari Kamis, Bitcoin mendapatkan kembali daya tariknya dan terakhir terlihat menguji $60.000 sambil naik hampir 4% pada hari itu. Ethereum naik untuk hari perdagangan ketiga berturut-turut pada hari Jumat dan ditutup pada $4.000.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik