Fokus Minggu Ini, 15 - 19 November

15/11/2021, 15:55

Kekhawatiran atas kenaikan inflasi tampaknya akan tetap mengemuka dalam minggu mendatang dan investor menantikan angka penjualan ritel AS terbaru bersama dengan hasil pendapatan dari perusahaan ritel besar, termasuk Walmart. Kumpulan data ekonomi terbaru dari China pada hari Senin diperkirakan akan mengkonfirmasi perlambatan pemulihan ekonominya, sama seperti Eropa yang mengalami lonjakan baru infeksi Covid-19.

Sementara itu, angka ketenagakerjaan Inggris akan diawasi dengan ketat setelah Bank of England mengatakan ingin lebih banyak bukti perbaikan di pasar tenaga kerja ketika mengejutkan pasar lantaran gagal memberikan kenaikan suku bunga yang diharapkan secara luas awal bulan ini. Inilah yang perlu Anda ketahui untuk memulai minggu Anda.

Penjualan ritel AS

Sorotan kalender ekonomi minggu ini adalah data penjualan ritel Oktober, yang akan dirilis pada hari Selasa, di mana para ekonom memperkirakan kenaikan 1,1%, setelah kenaikan 0,7% pada bulan September.

Inflasi AS telah melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari tiga puluh tahun di tengah krisis jaringan pasokan global dan data pada hari Jumat menunjukkan bahwa sentimen konsumen turun ke level terendah dalam satu dekade bulan ini, pasalnya harga yang lebih tinggi mengikis standar hidup.

Investor mengharapkan bahwa Federal Reserve akan harus menaikkan suku bunga lebih cepat daripada yang ditunjukkan saat ini untuk menghentikan inflasi yang melonjak ke atas.

Kalender ekonomi juga menampilkan data produksi industri pada hari Selasa, laporan pembangunan perumahan dan izin bangunan pada hari Rabu dan angka mingguan untuk klaim pengangguran awal pada hari Kamis.

Pendapatan perusahaan ritel

Musim pendapatan kuartal III terus menurun, tetapi investor akan mendapatkan pembaruan tambahan mengenai kekuatan belanja konsumen minggu ini dari laporan pendapatan peritel besar, termasuk Home Depot, Walmart, Target, dan Macy's.

Laporan pendapatan akan menghadapi pengawasan ekstra menjelang dimulainya musim belanja liburan. Pasalnya, investor melihat proyeksi dari peritel untuk menentukan apakah inflasi akan menggerus keuntungan atau diteruskan kepada konsumen.

Musim pendapatan kuartal III sebagian besar tampak optimis. Reuters melaporkan pada hari Jumat, 459 perusahaan S&P 500 telah melaporkannya, dan ada 80% hasil pendapatan mengalahkan perkiraan analis.

Perlambatan China

Pemulihan ekonomi nomor dua dunia melemah dan data pada hari Senin, yang mencakup laporan penjualan ritel, investasi aset tetap dan produksi industri diperkirakan akan mengkonfirmasi hal ini. Hilangnya momentum di China, pendorong utama pertumbuhan global, membayangi pemulihan ekonomi global yang tidak merata dari pandemi.

Pemulihan di China telah dihantam oleh pendekatan agresif untuk mengendalikan wabah Covid-19, krisis utang besar-besaran di sektor real estat negara itu, dan krisis energi yang membebani aktivitas manufaktur.

Analis berpikir bank sentral negara tersebut kemungkinan akan mengambil pendekatan hati-hati untuk melonggarkan kebijakan moneter guna merangsang perekonomian lantaran pertumbuhan yang melambat dikombinasikan dengan melonjaknya inflasi memicu kekhawatiran atas stagflasi.

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden akan mengadakan pertemuan virtual dengan pemimpin China Xi Jinping pada hari Senin, di tengah meningkatnya ketegangan antara dua ekonomi terbesar dunia. Namun, para pejabat AS telah meremehkan harapan untuk setiap kemajuan dalam perdagangan.

Data pekerjaan Inggris

BoE telah mengindikasikan bahwa mereka menginginkan lebih banyak informasi tentang kekuatan pasar tenaga kerja Inggris sebelum menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak awal pandemi, sehingga laporan pekerjaan terbaru pada hari Selasa akan menjadi fokus yang utama.

Data pekerjaan Oktober akan menunjukkan jika ada peningkatan pengangguran setelah skema subsidi upah era pandemi berakhir pada akhir September.

Data pekerjaan akan diikuti oleh angka inflasi pada hari Rabu dan angka penjualan ritel pada hari Jumat. Karena inflasi yang diperkirakan akan terus meningkat untuk saat ini, BoE dapat melanjutkan dengan kenaikan suku bunga pada pertemuan bulan Desember, kecuali ada kelemahan tak terduga dalam data pasar tenaga kerja.

Kebangkitan pandemi menerpa Eropa

Eropa mengalami kebangkitan pandemi Covid-19, menambah hambatan bagi pemulihan ekonomi kawasan yang sudah rapuh.

Eropa menyumbang lebih dari setengah dari rata-rata infeksi 7 hari secara global dan sekitar setengah dari kematian terbaru, menurut data yang dikumpulkan oleh Reuters, tingkat tertinggi sejak April tahun lalu ketika virus mencapai puncaknya di Italia.

Beberapa negara, termasuk Belanda, Jerman, Austria, dan Republik Ceko menerapkan pembatasan atau merencanakan langkah-langkah baru untuk memperlambat penyebaran.

Belanda memasuki tindakan penguncian sebagian selama tiga minggu pada hari Sabtu, yang pertama terjadi di Eropa Barat sejak musim panas. Jerman memperkenalkan kembali tes Covid-19 gratis pada hari Sabtu dan Austria akan memutuskan pada hari Minggu apakah akan memberlakukan penguncian pada orang-orang yang tidak divaksinasi.

Fokus Minggu Ini

Senin
06.50 WIB : Jepang – PDB : diperkirakan turun menjadi -0,2% dari 0,5% setiap kuartal dan turun ke -0,8% dari 1,9% YoY .

09.00 WIB : China – Produksi Industri : terlihat sedikit lebih rendah, menjadi 3,0% dari 3,1%.

20.30 WIB : AS - Indeks Manufaktur Empire State NY: diperkirakan akan naik ke 21,60 dari 19,80 sebelumnya.

Selasa
07:30 WIB : Australia – Risalah Pertemuan RBA

14:00 WIB : Inggris – Perubahan Hitungan Penggugat : sebelumnya dicetak pada -51.1K.

20.30 WIB : AS – Penjualan Ritel Inti : diperkirakan tidak akan berubah di 0,8%.

Rabu
14.00 WIB : Inggris – CPI : diprediksi naik ke 3,9% dari 3,1%.

17.00 WIB : Zona Euro – CPI : terlihat tetap stabil di 4,1%.

20.30 WIB : AS – Izin Mendirikan Bangunan : diyakini telah naik ke 1,630M dari 1,586M.

20.30 WIB : Kanada – IHK Inti : mencapai 0,3% pada bulan September.

22.30 WIB : AS – Persediaan Minyak Mentah : laporan minggu lalu mencerminkan peningkatan 1,001 juta bbls.

Kamis
20.30 WIB : AS – Klaim Pengangguran Awal : diperkirakan turun ke 260 ribu dari 267 ribu.

20.30 WIB : AS - Indeks Manufaktur Fed Philadelphia: terlihat naik ke 24,0 dari 23,8.

Jumat
14.00 WIB : Inggris – Penjualan Ritel : diprediksi melonjak menjadi 0,4% dari sebelumnya -0,2%.

15.00 WIB : Zona Euro – Pidato Presiden ECB Christine Lagarde

20.30 WIB : Kanada – Penjualan Ritel Inti : kemungkinan akan tetap datar di 2,8%.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik