Bantuan

Forex Hari Ini, 16 Maret

16/03/2022, 15:40

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Rabu, 16 Maret:

Aliran risiko mendominasi pasar keuangan Rabu pagi karena investor tetap berharap untuk solusi diplomatik untuk krisis Rusia-Ukraina dan greenback tetap di kaki belakang. Data Penjualan Eceran dan Indeks Harga Impor Februari akan ditampilkan dalam kalender ekonomi AS menjelang keputusan suku bunga Federal Reserve yang sangat penting . Data Indeks Harga Konsumen (CPI) dari Kanada juga akan dilihat sebagai dorongan baru. Selain itu, negosiasi antara perwakilan Rusia dan Ukraina akan dilanjutkan pada hari Rabu.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada hari Selasa bahwa Kyiv tidak serius dalam menemukan solusi konflik yang dapat diterima bersama. Meskipun berita utama ini menyebabkan investor menjadi berhati-hati selama jam perdagangan Amerika, indeks utama Wall Street berhasil membukukan kenaikan harian yang menentukan. Mykhailo Podoliyak, salah satu perwakilan Ukraina, mengatakan bahwa pasti ada ruang untuk kompromi. Selain itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mencatat dalam sebuah pernyataan video bahwa negosiasi sudah terdengar lebih realistis.

Mencerminkan suasana pasar yang positif terhadap risiko, Shanghai Composite Index China naik lebih dari 3% dan Indeks Nikkei 225 Jepang naik 1,6%. Pada awal sesi Eropa, indeks saham berjangka AS naik antara 0,3% dan 0,8%.

Di kemudian hari, The Fed secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga kebijakan sebesar 25 basis poin. Investor akan memperhatikan Ringkasan Proyeksi Ekonomi yang diperbarui dan komentar Ketua FOMC Jerome Powell tentang prospek kebijakan.

Pratinjau Keputusan Suku Bunga Fed: Apakah sejarah adalah panduan?

EUR/USD gagal bertahan di atas 1,1000 pada hari Selasa dan akhirnya menutup hari hampir tidak berubah di 1,0950. Pasangan ini tetap relatif tenang di bawah 1,1000 Rabu pagi.

GBP/USD menutup hari kedua berturut-turut di wilayah positif pada hari Selasa meskipun kehilangan momentum bullishnya di dekat 1,3100. Pasangan ini bergerak sideways di dekat pertengahan 1,3000-an di pagi hari Eropa.

Setelah kehilangan hampir 2% pada hari Senin, emas turun 1,5% pada hari Selasa dan menyentuh level terendah dalam dua minggu di bawah $1.910. XAU/USD mengkonsolidasikan penurunannya di atas $1.910 karena imbal hasil obligasi Treasury AS bergerak sideways.

USD/JPY mempertahankan kenaikan mingguan di atas 118,00 karena JPY berjuang untuk menemukan permintaan sebagai tempat berlindung yang aman. Kantor berita Kyodo melaporkan pada hari sebelumnya bahwa pemerintah Jepang sedang mempertimbangkan untuk menyusun paket ekonomi baru di tengah krisis Rusia-Ukraina.

Bitcoin melonjak ke level tertinggi enam hari di atas $41.700 pada hari sebelumnya tetapi kembali di bawah $40.000. Ethereum merayap lebih tinggi setelah membukukan kenaikan dalam dua hari sebelumnya dan terakhir terlihat naik 1% hari ini di atas $2.600.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik