Bantuan

Fokus Minggu Ini, 17 - 21 Januari

17/01/2022, 11:30

Musim pendapatan akan dimulai minggu ini dan sektor keuangan menjadi fokus utama. Hasil laporan pendapatan akan menguji saham pertumbuhan tepat kala investor bersiap terhadap langkah Federal Reserve untuk mulai menaikkan suku bunga.

Bank of Japan akan menggelar rapat kebijakan, dan European Central Bank (ECB) menerbitkan risalah. Kalender ekonomi AS ringan dalam pekan libur yang dipersingkat, lantaran pasar AS tutup pada hari Senin karena libur Hari Martin Luther King Jr.

Sementara itu, data PDB China pada hari Senin dapat memicu spekulasi atas kebijakan pelonggaran moneter. Inilah hal yang perlu Anda ketahui untuk memulai minggu Anda.

Pendapatan

Pendapatan sektor keuangan selama seminggu akan mencakup hasil laporan kuartal IV dari Goldman Sachs, Charles Schwab dan BNY Mellon pada hari Selasa, diikuti oleh Morgan Stanley dan Bank of America pada hari Rabu.

Perusahaan non-keuangan besar yang melaporkan pendapatan yaitu Procter & Gamble pada hari Rabu dan Netflix pada hari Kamis, perusahaan "FAANG" pertama yang diawasi ketat untuk menyampaikan kinerjanya. Investor akan memperhatikan dengan cermat rencana perusahaan raksasa streaming tersebut terkait konten baru dan prospeknya untuk pelanggan.

Dow berakhir turun pada hari Jumat, memberi tekanan penurunan bagi bank-bank besar, termasuk JPMorgan Chase & Co. dan Citigroup, setelah hasil pendapatan meningkatkan kekhawatiran atas penurunan pendapatan perdagangan dan pertumbuhan pinjaman.

Para eksekutif bank tersebut diharapkan bisa menyampaikan pandangan optimis pada prospek ke depan, tetapi beberapa analis telah mencatat saham bank sering bergerak lebih baik menjelang kenaikan suku bunga daripada selama kenaikan suku bunga itu sendiri.

Tes untuk saham pertumbuhan?

Saham-saham teknologi dan pertumbuhan AS telah memulai dengan awal yang sulit pada tahun 2022, meningkatkan ekspektasi untuk musim pendapatan ini, karena investor mencari alasan untuk tetap optimis menjelang kenaikan suku bunga yang diperkirakan oleh The Fed.

Trader bulls sektor teknologi berharap musim pendapatan yang kuat dapat membalikkan penurunan yang didorong oleh kenaikan imbal hasil Treasury dan ekspektasi bahwa Fed akan memperketat kebijakan moneter dan menaikkan suku bunga secara agresif untuk melawan inflasi.

Ketika The Fed menaikkan suku bunga jangka pendek, investor akan mengawasi seberapa tinggi kenaikan imbal hasil Treasury AS jangka panjang. Imbal hasil yang lebih tinggi berarti ada diskon yang lebih besar pada keuntungan masa depan, tapi negatif untuk saham pertumbuhan.

"Mengingat kinerja perusahaan-perusahaan teknologi ini di sini baru-baru ini, apakah pendapatan akan menjadi penyelamat bagi mereka?" kata analis. "Selama bulan depan, melihat bagaimana beberapa perusahaan teknologi merespons angkanya, akan menarik".

Bank sentral

BoJ akan mempertahankan kebijakan dan merevisi perkiraan inflasi pada akhir pertemuan kebijakan moneter dua hari pada hari Selasa. Sementara inflasi tetap jauh di bawah target bank sebesar 2%, lonjakan biaya komoditas global baru-baru ini mendorong lebih banyak perusahaan untuk menaikkan harga.

ECB akan mempublikasikan risalah dari pertemuan Desember, ketika memperpanjang langkah-langkah stimulus, pada hari Kamis di tengah perdebatan yang sedang berlangsung tentang langkah terbaik untuk melawan kenaikan tekanan harga di blok tersebut.

Sementara itu, The Fed akan menjalani periode tenang seperti biasanya menjelang pertemuan kebijakan mendatang pada 24-25 Januari.

Data AS

Ini akan menjadi minggu yang tidak begitu banyak rilis data di kalender ekonomi AS, lantaran hanya ada pembaruan pada sektor perumahan dan survei manufaktur regional dalam minggu yang dipersingkat karena hari libur.

Empire State Manufacturing index akan dirilis pada hari Selasa, diikuti oleh data izin bangunan dan perumahan dimulai pada hari Rabu. Kamis menampilkan Indeks manufaktur Philly Fed, bersama dengan pembaruan data klaim pengangguran awal dan penjualan rumah lama.

Survei manufaktur harusnya menunjukkan seberapa besar dampak gelombang varian Omicron terhadap aktivitas pabrik, sementara data perumahan diperkirakan akan tetap baik. Tak satu pun dari data yang kemungkinan secara signifikan bisa mengubah ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga Fed pada bulan Maret.

PDB China

Data pada hari Senin diperkirakan menunjukkan ekonomi China tumbuh sebesar 3,6% periode tahunan pada kuartal IV - tingkat yang paling lambat sejak kuartal II tahun 2020, mengalami tekanan oleh penurunan di sektor properti, pembatasan utang dan langkah-langkah ketat Covid-19.

Negara ekonomi terbesar kedua di dunia itu menghadapi banyak tantangan pada tahun 2022, termasuk pelemahan yang terus-menerus terjadi di sektor properti dan pembatasan baru pergerakan di tengah penyebaran lokal varian Omicron baru-baru ini.

Prospek ekonomi yang suram dapat menambah tekanan terhadap para pengambil kebijakan untuk meluncurkan lebih banyak langkah pelonggaran, meskipun analis yakin mereka kemungkinan akan lebih suka menyuntikkan lebih banyak uang ke dalam ekonomi daripada memotong suku bunga terlalu agresif.

Pada hari Minggu, perencana negara China meminta pemerintah daerah untuk meminimalkan dampak dari pembatasan COVID-19 selama liburan Tahun Baru Imlek yang akan datang untuk membantu rebound sektor konsumsi.

Fokus Minggu Ini

Senin
09.00 : China – PDB : diperkirakan turun menjadi 3,6% dari 4,9%.

09.00 : China – Produksi Industri : terlihat sedikit lebih rendah menjadi 3,65 dari 3,8%.

Martin Luther King, Jr. Day, Pasar AS tutup

Selasa
Tentatif : Jepang – Pernyataan Kebijakan Moneter BoJ

14.00 : Inggris – Perubahan Hitungan Penggugat : cetakan sebelumnya masuk pada -49.8K.

17.00 : Jerman – Sentimen Ekonomi ZEW : naik ke 32,7 dari 29,9.

Rabu
14.00 : Inggris – CPI : terlihat merangkak lebih tinggi, menjadi 5,2% dari 5,1%.

20.30 : AS – Izin Mendirikan Bangunan : diperkirakan akan mundur ke 1,701M dari 1,717M.

20.30 : Kanada – IHK Inti : diperkirakan akan tetap datar di 4,7% YoY.

21.15 : Inggris – Gubernur BoE Bailey Berbicara

 Kamis
07.30 : Australia – Perubahan Pekerjaan : turun ke 30,0 ribu dari 366.1 ribu.

08.30 : China – Suku Bunga Pinjaman PBoC : saat ini ditetapkan pada 3,80%.

17.00 : Zona Euro – CPI : mungkin tetap stabil di 5,0%.

19.30 : Zona Euro – Pernyataan Kebijakan Moneter ECB

20.30 : AS – Klaim Pengangguran Awal : diperkirakan turun ke 220 ribu dari 230 ribu.

20.30 : AS – Indeks Manufaktur Fed Philadelphia : melonjak ke 20,0 dari 15,4.

22.00 : AS – Penjualan Rumah yang Ada : diperkirakan turun ke 6,43 juta dari 6,46 juta.

23.00 : AS – Persediaan Minyak Mentah : dicetak sebelumnya di -4.553M.

Jumat
13.00 : Inggris – Penjualan Ritel : diperkirakan turun menjadi 2,9% dari 4,7%.

20.30 : Kanada – Penjualan Ritel Inti : terlihat tetap di 1,3%.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik