Bantuan

Forex Hari Ini, 17 Februari

17/02/2022, 15:40

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Kamis, 17 Februari:

Pasar tetap berhati-hati pada hari Kamis karena investor berjuang untuk mencari tahu apakah akan ada konflik militer antara Rusia dan Ukraina atau tidak. Imbal hasil obligasi Treasury AS mendorong lebih rendah, Indeks Dolar AS merayap lebih tinggi dan saham berjangka AS jatuh antara 0,3% dan 0,5%. Di kemudian hari, data ekonomi AS akan menampilkan data Klaim Pengangguran Awal dan Perumahan Awal mingguan tetapi tindakan pasar kemungkinan akan terus didorong oleh berita utama geopolitik.

Selama jam perdagangan Asia, Sputnik News melaporkan Ukraina telah menembakkan mortir dan granat ke empat lokasi Republik Rakyat Luhansk (LPR), memicu serangan baru untuk melarikan diri ke tempat yang aman. Ukraina telah membantah klaim ini.

Sementara itu, Mikk Marran, direktur jenderal Badan Intelijen Luar Negeri Estonia, mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka menyaksikan unit militer Rusia bergerak menuju perbatasan Ukraina. Pada catatan yang sama, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan kepada MSNBC bahwa mereka belum melihat mundurnya pasukan Rusia. Pada catatan positif, kementerian pertahanan Rusia mengumumkan bahwa 10 konvoi militer telah meninggalkan Krimea setelah latihan militer tetapi berita utama ini tampaknya tidak membantu memperbaiki suasana pasar.

Pada Rabu malam, Federal Reserve AS merilis risalah pertemuan kebijakan Januari. Publikasi menunjukkan bahwa sebagian besar peserta mendukung penghapusan akomodasi lebih cepat daripada yang diantisipasi saat ini jika inflasi tidak turun seperti yang mereka harapkan.

EUR/USD naik menuju 1,1400 pada hari Rabu tetapi akhirnya menutup hari di sekitar 1,1370. Setelah jatuh menuju 1,1300 pada penghindaran risiko Kamis pagi, pasangan telah berhasil rebound ke area 1,1350.

GBP/USD tetap di bawah tekanan bearish moderat di pagi Eropa dan diperdagangkan di bawah 1,3600. Rusia mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka akan membalas jika Inggris menjatuhkan sanksi baru terhadap Moskow atas konflik dengan Ukraina.

USD/JPY merayap lebih rendah dan diperdagangkan di bawah 115,50 dengan JPY menemukan permintaan sebagai tempat berlindung yang aman. Sebelumnya pada hari itu, data dari Jepang menunjukkan bahwa Machinery Orders meningkat sebesar 3,6% pada basis bulanan di bulan Desember, melampaui ekspektasi pasar untuk penurunan sebesar 1,8% dengan selisih yang lebar.

Emas terus bereaksi tajam terhadap perubahan sentimen risiko. Setelah jatuh di bawah $1.850, XAU/USD memperoleh daya tarik dan ditutup lebih tinggi secara meyakinkan di dekat $1.870 pada hari Kamis. Pasangan ini terus mendorong lebih tinggi menuju $1,880 Kamis pagi.

Bitcoin mencatat kerugian moderat pada hari Rabu dan diperdagangkan dalam kisaran ketat di dekat $ 44.000 di pagi Eropa. Ethereum mengalami kesulitan melakukan pemulihan dan ditutup pada $3.000 setelah ditutup merah pada hari Rabu.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik