Bantuan

Forex Hari Ini, 17 Juni

17/06/2022, 15:25

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Jumat, 17 Juni:

Setelah aksi jual besar-besaran pada hari Kamis, greenback bertahan terhadap para pesaingnya pada Jumat pagi. Patokan imbal hasil obligasi Treasury AS 10-tahun, yang kehilangan hampir 3% pada hari Kamis, sekarang naik lebih dari 1% hari ini dan Indeks Dolar AS naik lebih tinggi menuju 104,50. Eurostat akan merilis angka inflasi Indeks Harmonisasi Harga Konsumen (HICP) untuk kawasan euro dan kalender ekonomi AS akan menampilkan data Produksi Industri Mei. Lebih penting lagi, Ketua FOMC Jerome Powell dijadwalkan untuk menyampaikan pidato pada Kamis malam pukul 19.45 WIB.

Di awal sesi hari Eropa, indeks saham berjangka AS naik antara 0,7% dan 0,9%, menunjukkan suasana pasar yang membaik. Indeks S&P 500 menyentuh level terlemahnya sejak Desember 2020 di 3.639 dan berakhir turun lebih dari 3% setiap hari.

Bank of Japan (BOJ) mengumumkan pada hari Jumat bahwa mereka membiarkan pengaturan kebijakan moneternya tidak berubah. Dalam pernyataan kebijakannya, BOJ kembali menegaskan bahwa pihaknya akan mencermati perkembangan pasar valas dan dampaknya terhadap aktivitas ekonomi Jepang. Kelambanan kebijakan bank memicu aksi jual JPY dan USD/JPY menghapus sebagian besar kerugian besar yang dideritanya dalam dua hari sebelumnya. Pada saat penulisan, pasangan ini diperdagangkan di dekat 134,00, naik lebih dari 1% setiap hari.

EUR/USD naik lebih dari 100 pip pada hari Kamis dan menyentuh level tertinggi dalam hampir seminggu di 1,0602 sebelum memasuki fase konsolidasi. Pasangan ini terakhir terlihat diperdagangkan sedikit di atas 1,0500. HICP tahunan di kawasan euro diperkirakan akan mencapai 8,1% pada bulan Mei, sesuai dengan perkiraan kilat.

Menyusul reli mengesankan yang didorong oleh pandangan kebijakan hawkish Bank of England (BOE) pada hari Kamis, GBP/USD berbalik ke selatan pada Jumat pagi dan turun di bawah 1,2300.

Emas berhasil membangun kenaikan hari Rabu dan naik di atas $1.850 pada hari Kamis. Namun, dengan imbal hasil obligasi-T AS merayap lebih tinggi pada Jumat pagi, XAU/USD kehilangan daya tariknya dan mulai mundur menuju $1.840.

USD/CHF turun hampir 300 pip pada hari Kamis setelah Swiss National Bank (SNB) secara tak terduga mengumumkan bahwa mereka menaikkan suku bunga kebijakannya sebesar 50 basis poin menjadi -0,25%. Pasangan ini terakhir terlihat mengkonsolidasikan penurunannya di sekitar 0,9700.

Bitcoin turun hampir 10% pada hari Kamis dan mendekati level kunci $20.000. BTC/USD tetap relatif tenang pada hari Jumat dan tampaknya mengalami kesulitan untuk memulihkan kerugiannya. Ethereum turun lebih dari 20% sejauh minggu ini dan diperdagangkan mendekati $1.100 di pagi Eropa.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik