Bantuan

Forex Hari Ini, 17 Desember

17/12/2021, 16:00

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Jumat, 17 Desember:

Indeks Dolar AS (DXY) ditutup di wilayah negatif pada hari Kamis karena pound Inggris dan euro mengumpulkan kekuatan di belakang prospek kebijakan hawkish Bank of England (BOE) dan Bank Sentral Eropa (ECB). Menjelang akhir pekan, greenback mengkonsolidasikan kerugiannya dan investor menunggu data sentimen IFO dari Jerman dan revisi terakhir untuk pembacaan Indeks Harga Konsumen kawasan euro .

Seperti yang diharapkan, ECB mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri Program Pembelian Darurat Pandemi (PEPP) pada bulan Maret. Untuk terus mendukung perekonomian, bank akan meningkatkan pembelian di bawah Program Pembelian Aset menjadi €40 miliar dari €20 miliar pada kuartal kedua sebelum menurunkannya kembali menjadi €30 miliar dan €20 miliar pada kuartal ketiga dan keempat, masing-masing.

Bank merevisi perkiraan inflasi untuk 2022 secara signifikan lebih tinggi juga. Selama konferensi pers, Presiden ECB Lagarde mengatakan kenaikan suku bunga pada tahun 2022 sangat tidak mungkin tetapi tidak langsung mengabaikan kemungkinan tersebut.

Menyusul keputusan November untuk mempertahankan suku bunga kebijakannya tidak berubah, BOE memilih kenaikan suku bunga 15 basis poin pada bulan Desember, dengan alasan kekhawatiran inflasi. Bank mencatat bahwa varian Omicron diperkirakan akan membebani kegiatan ekonomi dalam waktu dekat sambil menambahkan bahwa potensi dampak jangka menengah tidak jelas.

EUR/USD mencapai level tertinggi dalam lebih dari dua minggu di 1,1361 pada hari Kamis tetapi menghapus sebagian dari penurunan hariannya sebelum ditutup di 1,330. Pasangan ini bergerak menyamping di dekat level tersebut pada Jumat pagi.

GBP/USD hampir tidak berubah hari ini sedikit di atas 1,3300. Data dari Inggris menunjukkan bahwa Penjualan Ritel naik 4,7% secara tahunan di bulan November, setelah mencatat kontraksi 1,5% di bulan Oktober, tetapi investor tidak menunjukkan reaksi terhadap pembacaan ini.

USD/JPY membalikkan arahnya setelah mencapai tertinggi multi-minggu di 114,28 di awal minggu dan tampaknya mengalir di sekitar pertengahan 113,00-an. Bank of Japan membiarkan pengaturan kebijakan moneternya tidak berubah setelah pertemuan Desember dan Gubernur Haruhiko Kuroda menegaskan bahwa mereka akan melonggarkan kebijakan tanpa ragu-ragu jika diperlukan.

USD/TRY naik hampir 6% pada hari Kamis setelah Bank Sentral Republik Turki memutuskan untuk memangkas suku bunga kebijakannya sebesar 100 basis poin. Pasangan ini mencapai tertinggi baru sepanjang masa di atas 16 Jumat pagi dan naik hampir 20% pada bulan Desember.

Emas mengumpulkan kekuatan karena bank sentral memperjelas bahwa mereka semakin khawatir tentang inflasi. XAU/USD diperdagangkan di atas $1.800 untuk pertama kalinya di bulan Desember.

Bitcoin tetap di bawah garis tren turun yang datang dari awal November dan diperdagangkan sekitar $47.000. Ethereum gagal bertahan di atas $4.000 setelah melakukan rebound yang menentukan pada hari Rabu dan terakhir terlihat kehilangan hampir 2% hari ini di $3.890.

 

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik