Bantuan

Forex Hari Ini, 18 Januari

18/01/2022, 16:50

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Selasa, 18 Januari:

Greenback berhasil membukukan kenaikan moderat terhadap rival utamanya dan terlihat mempertahankan momentum bullishnya pada Selasa pagi dengan Indeks Dolar AS naik di atas 95,30. Benchmark hasil obligasi Treasury AS 10-tahun berada pada level tertinggi dalam dua tahun dekat 1,85%, naik lebih dari 1% setiap hari. Survei ZEW dari Jerman akan ditampilkan dalam kalender ekonomi Eropa menjelang data Indeks Manufaktur Empire State NY dari AS pada hari Selasa.

Sementara itu, S&P Futures dan Nasdaq Futures masing-masing turun 0,4% dan 0,9%, pada saat berita ini dimuat, menunjukkan bahwa aliran safe-haven dapat mendominasi pasar di paruh kedua hari ini. Ketegangan geopolitik yang meningkat akibat konflik Rusia-Ukraina, meningkatnya jumlah kasus virus corona di China tampaknya membebani sentimen risiko.

EUR/USD sedang menguji 1,1400 setelah menutup hari pertama minggu ini sedikit lebih rendah. Pasangan ini tetap bergantung pada penilaian pasar dolar.

GBP/USD memperpanjang koreksi ke bawahnya pada Selasa pagi dan terus melemah menuju 1,3600. Kegelisahan politik di Inggris dan suasana pasar yang suram dapat menyebabkan pasangan ini tetap tertinggal. Data yang diterbitkan oleh ONS menunjukkan di awal sesi bahwa Tingkat Pengangguran beringsut lebih rendah menjadi 4,1% dari 4,2% seperti yang diharapkan. Penghasilan Rata-Rata Termasuk Bonus naik 4,2% di bulan November, dibandingkan dengan 4,9% di bulan Oktober.

USD/JPY naik tajam menuju 115,00 di balik lonjakan imbal hasil obligasi Treasury AS setelah ditutup di wilayah positif pada hari Senin. Bank of Japan (BOJ) membiarkan pengaturan kebijakan moneternya tidak berubah seperti yang diharapkan. Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda mengatakan bahwa mereka tidak mempertimbangkan untuk menaikkan suku bunga atau mengubah pelonggaran moneter saat ini. Selain itu, BOJ menegaskan kembali dalam laporan triwulanannya bahwa peningkatan ekonomi menjadi lebih jelas.

Emas berfluktuasi dalam kisaran ketat dan menutup hari hampir tidak berubah di dekat $1.820 pada hari Senin. Kenaikan imbal hasil obligasi Treasury AS tampaknya mulai membebani logam kuning di awal sesi Eropa.

USD/CAD beringsut lebih rendah meskipun penguatan dolar baru pada hari Senin dan menguji 1,2500 Selasa pagi. Naiknya harga minyak mentah membantu loonie terkait komoditas menemukan permintaan. Survei Outlook Bisnis (BOS) Bank of Canada (BOC) mengungkapkan pada hari Senin bahwa sentimen bisnis terus meningkat pada kecepatan yang mengesankan pada kuartal keempat dengan Indikator BOS naik ke rekor tertinggi 5,99 dari 4,73 pada kuartal ketiga.

Bitcoin telah gagal mengumpulkan momentum pemulihan dan kembali ke area $ 42.000 pada hari Senin, di mana tampaknya telah memasuki fase konsolidasi pada Selasa pagi. Ethereum kehilangan lebih dari 4% pada hari Senin dan masuk dalam jarak menyentuh $3.000, memberikan kembali sebagian besar keuntungan minggu lalu.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik