Bantuan

Forex Hari Ini, 18 Februari

18/02/2022, 16:30

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Jumat, 18 Februari:

Suasana pasar tampaknya telah membaik Jumat pagi dengan Rusia mengumumkan penarikan pasukan menjelang pertemuan Presiden AS Joe Biden dengan para pemimpin Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Polandia, Rumania, Inggris, Uni Eropa dan NATO. Terlepas dari pergeseran positif yang disaksikan dalam sentimen, dolar tetap tangguh terhadap para pesaingnya. Penjualan Rumah Saat Ini Januari dari AS dan Data Keyakinan Konsumen Februari dari kawasan euro akan ditampilkan dalam kalender ekonomi menjelang akhir pekan tetapi investor kemungkinan akan tetap fokus pada berita utama geopolitik.

Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB bahwa mereka tidak dapat memastikan bahwa Rusia telah menarik pasukannya. "Rusia berencana membuat dalih untuk menyerang Ukraina," tambah Blinken dan indeks utama Wall Street turun tajam bersamaan dengan imbal hasil obligasi Treasury AS Kamis malam.

Kantor berita Interfax, bagaimanapun, melaporkan Jumat pagi bahwa unit infanteri mekanik kembali ke Dagestan setelah latihan di Krimea dan mencatat bahwa sebuah kereta yang membawa tank berangkat ke pangkalan. Aliran risiko kembali ke pasar pada perkembangan ini. Di sisi lain, beberapa outlet berita melaporkan bahwa penembakan di wilayah Donbas yang diperebutkan di Ukraina Timur antara angkatan bersenjata Ukraina dan separatis pro-Rusia terjadi Jumat pagi.

Setelah ditutup datar pada hari Kamis, Indeks Dolar AS terus bergerak menyamping di bawah 96,00 dan imbal hasil obligasi T AS 10-tahun, yang turun lebih dari 3% pada hari Kamis, membukukan kenaikan harian kecil di 1,98%. Mencerminkan lingkungan pasar yang berisiko positif, indeks saham berjangka AS naik antara 0,6% dan 0,8%.

EUR/USD berjuang untuk membuat langkah yang menentukan di kedua arah pada hari Kamis dan terus diperdagangkan di saluran sempit di atas 1,1350 awal Jumat.

Emas terus mencari permintaan sebagai tempat yang aman pada hari Kamis dan naik lebih dari 1,5% menyentuh level tertinggi sejak Juni di $1.902. Logam mulia sedang melakukan koreksi teknis dan diperdagangkan di bawah $1.900 menjelang sesi Eropa.

GBP/USD mencatat kenaikan selama tiga hari berturut-turut sebelum berubah tenang di atas 1,3600. Kantor Statistik Nasional Inggris melaporkan bahwa Penjualan Ritel naik 9,1% pada basis tahunan di Januari. Angka ini lebih baik dari ekspektasi pasar untuk kenaikan 8,7%.

USD/JPY diperdagangkan di wilayah positif di atas 115,00 didukung oleh kenaikan imbal hasil obligasi-T AS dan suasana hati yang membaik setelah penurunan dua hari. Data dari Jepang menunjukkan bahwa Indeks Harga Konsumen Nasional turun menjadi 0,5% secara tahunan di bulan Januari dari 0,8% di bulan Desember, dibandingkan dengan ekspektasi pasar sebesar 0,6%.

Suasana pasar yang menghindari risiko sangat membebani cryptocurrency pada hari Kamis dan Bitcoin turun lebih dari 7%. BTC/USD diperdagangkan sedikit di atas angka utama $40.000 pada Jumat pagi. Demikian pula, Ethereum kehilangan 7,4% pada hari Kamis dan turun di bawah $3.000 sebelum memasuki fase konsolidasi mendekati $2.900.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik