Bantuan

Forex Hari Ini, 18 Maret

18/03/2022, 15:00

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Jumat, 18 Maret:

Greenback terus melemah terhadap rival utamanya pada hari Kamis tetapi pergeseran negatif dalam sentimen risiko membantu mata uang melepaskan tekanan jual pada Jumat pagi. Neraca Perdagangan Januari dari kawasan euro dan data Existing Home Sales Februari dari AS akan ditampilkan dalam kalender ekonomi tetapi investor akan tetap fokus pada berita utama seputar krisis Rusia-Ukraina.

Awal pekan ini, berita utama seputar pembicaraan Rusia-Ukraina menunjukkan bahwa kedua pihak bergerak lebih dekat ke kesepakatan damai. Namun, pada hari Kamis, pejabat Ukraina dan Rusia mencatat tidak ada kemajuan signifikan dalam negosiasi. Sementara itu, seorang pejabat barat mengatakan kepada Reuters bahwa masih ada kesenjangan yang sangat besar antara posisi Ukraina dan Rusia. Pada catatan yang lebih memprihatinkan, ''Rusia mungkin sedang mempertimbangkan serangan senjata kimia,'' kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Mencerminkan suasana pasar yang memburuk, indeks saham berjangka AS turun antara 0,3% dan 0,6% di awal sesi Eropa. Indeks Dolar AS , yang turun lebih dari 1% pada basis mingguan, tetap relatif tenang di dekat 98,00.

EUR/USD mencapai level tertinggi dalam lebih dari dua minggu di 1,1138 pada hari Kamis tetapi tampaknya telah kehilangan momentum bullishnya pada hari Jumat. Pasangan ini bergerak sideways di bawah 1,1100 di pagi Eropa.

Bank of England (BOE) menaikkan suku bunga kebijakannya sebesar 25 basis poin seperti yang diharapkan pada hari Kamis tetapi GBP/USD kehilangan lebih dari 100 pips dan jatuh di bawah 1,3100. Pernyataan kebijakan mengungkapkan sikap hati-hati pada kenaikan suku bunga di masa depan dan mempersulit pound Inggris untuk menemukan permintaan. Meskipun pasangan berhasil menghapus sebagian besar penurunan hariannya di paruh kedua hari itu, pasangan ini kehilangan momentumnya dan memasuki fase konsolidasi di atas 1,3150.

USD/JPY terus berfluktuasi dalam kisaran yang relatif sempit di bawah 119,00 setelah ditutup hampir tidak berubah pada hari Kamis. Pada awal sesi Asia, Bank of Japan (BOJ) mengumumkan bahwa mereka membiarkan pengaturan kebijakan moneter tidak berubah. Gubernur Bank of Japan (BOJ) Haruhiko Kuroda mencatat bahwa masih terlalu dini untuk memperdebatkan secara spesifik bagaimana cara keluar dari kebijakan mudah tersebut.

Emas melakukan rebound pada hari Kamis tetapi gagal untuk merebut kembali $1.950. Terlepas dari lingkungan pasar yang menghindari risiko, XAU/USD berjuang untuk mendapatkan kembali daya tariknya dan diperdagangkan di bawah $1.940 pada awal Jumat.

Setelah pemulihan hari Rabu, Bitcoin berjuang untuk menemukan arah pada hari Kamis dan menutup hari tidak berubah. BTC/USD terus diperdagangkan di saluran ketat di atas $40.000. Ethereum mencatatkan kenaikan untuk hari keempat berturut-turut pada hari Kamis tetapi kehilangan momentumnya sebelum menguji $3.000.

Promosi

Scroll ke atas
Simpan halaman situs untuk akses mudah dan cepat

Ketuk

Finex app

Akses cepat dalam gengaman

bell

Langganan notifikasi

Dapatkan sinyal trading
dan update menarik